Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensasi Mengemudi BMW X1 di Dalam dan Luar Kota

Kompas.com - 29/12/2022, 15:41 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - BMW X1 sDrive18i meluncur di Indonesia pada awal tahun 2021. Kehadiran SAV premium merek Jerman ini pun sangat menarik, karena memiliki posisi harga pasaran yang terjangkau.

Pada Kompas Otomotif Challange (KOC) 2022, tim redaksi pun berkesempatan untuk mencoba mengendarai entry level dari SAV BMW ini beberapa waktu lalu. Rute yang dilalui meliputi dalam kota dan luar kota.

Di atas kertas, mobil dibenamkan mesin berkapasitas 1.5 liter Twin Turbo berkonfigurasi tiga silinder yang sanggup melontarkan tenaga 140 dk di 4.400 rpm dan torsi 220 Nm. Tenaga ini tersalur ke dua roda depan melalui transmisi Dual Clutch 7-percepatan.

Baca juga: Ingat Batas Aman Mobil Matik Lewati Genangan Air

Saat penggunaan di dalam kota, tim redaksi tak menemukan kendala yang berarti dalam mengendarai BMW X1 sDrive18i. Hanya saja tenaga di putaran rendahnya tak lebih dari baik dari SUV bermesin 1.500 cc lainnya.

Sebab, torsi mobil ini terbilang kecil yaitu 220 Nm. Tetapi saat putaran mesin berada di kisaran 1.800 - 2.500 rpm, Anda akan dibawa melaju tanpa hambatan imbas pengaktifan turbo kendaraan tersebut.

BMW X1 sDrive18iKompas.com/Nanda BMW X1 sDrive18i

Adapun saat dalam kondisi stop and go di kemacetan, pengemudi cukup menyentuh sedikit pedal gas untuk membuat mobil berjalan. Reaksi yang diberikan cukup responsif.

Saat tim redaksi berada di jalan Tol menuju Bandung, dengan mengaktifkan mode Sport memang cukup memengaruhi rasa berkendara X1.

Setiap tekanan gas yang diberikan langsung direspon dengan cepat. Begitu pula ketika kaki melepaskan tekanan dari pedal gas, deselerasinya cukup terasa.

Namun, jika ingin lebih efisien, bisa mengaktifkan mode Eco Pro. Mode ini membuat komputer dalam BMW X1 mengukur posisi penggantian gear paling efisien, akselerasi serta putaran mesin yang mampu menghemat bahan bakar.

Kemudian saat melalui jalan berliku antar kota dan beragam kontur jalan yang ditemui, BMW X1 terasa rigid dan tidak mengalami gejala limbung. X1 dibuat semakin nyaman dan aman melalui kombinasi pusat gravitasi yang rendah dengan distribusi bobot yang hampir merata.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.