Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/12/2022, 13:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan melanda berbagai daerah sejak pagi sampai malam. Bagi orang yang tetap harus beraktivitas terutama sambil naik motor harus ekstra hati-hati.

Ada beberapa kebiasaan yang dilakukan para pengendara motor di Indonesia saat hujan, yaitu memakai sandal. Sandal diandalkan karena praktis saat hujan, selain itu juga mudah dibersihkan.

Tetapi, sendal sangat tidak disarankan untuk dipakai berkendara, baik saat hujan atau kering sekali pun. Ada risiko pengendara alami cedera yang parah saat memakai sandal.

Baca juga: Biker Harus Tahu Cara Berkendara Motor yang Aman Saat Hujan Deras

Ilustrasi naik motor pakai sandal.SHUTTERSTOCK/CANETTI Ilustrasi naik motor pakai sandal.

"Bahaya yang mungkin terjadi adalah cedera yang fatal saat kecelakaan. Bisa saja bagian kaki mengalami luka serius karena tidak terlindungi dengan baik," ucap Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana kepada Kompas.com, Kamis (29/12/2022).

Apalagi saat hujan sebenarnya pengendara lebih berisiko alami kecelakaan karena permukaan jalan yang lebih licin. Risiko lainnya adalah tidak nyaman saat mengoperasikan kendaraan.

"Mungkis saja saat kaki mau menginjak rem dan perseneling gigi akan terpeleset ke depan. Belum lagi cipratan ait yang bercampur pasir membuat kaki tidak nyaman saat berkendara," ucapnya.

Baca juga: Low MPV Diskon Puluhan Juta, Hyundai Stargazer Tembus Rp 35 Juta


Agus menyarankan untuk memakai bungkus sepatu yang punya cengkeraman baik. Jadi sepatu yang digunakan tetap kering dan pengoperasian motor tetap maksimal.

"Jika memang tidak punya sarung khusus sepatu, memang lebih baik tetap menggunakan sepatu untuk mengurangi potensi bahaya," kata Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.