Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/12/2022, 14:12 WIB

SOLO, KOMPAS.com - Memodifikasi mobil memang menyenangkan. Rupanya, selain modifikasi bodi, dan kaki-kaki, mesin juga bisa dimodifikasi layaknya mobil pada pada sebuah permainan.

Komponen-komponen mesin bisa diubah-ubah dengan spesifikasi yang lebih tinggi, ECU bisa diatur sesuai dengan spesifikasi ubahan yang dilakukan. Ini tentu sangat menyenangkan, apalagi hasil dari modifikasi tersebut dapat dirasakan secara langsung dengan meningkatnya performa mesin.

Namun, melakukan modifikasi pada mesin membutuhkan dana yang tidak sedikit. Maka dari itu, sebagai pemula perlu memilah-milah mana modifikasi yang cocok dengan isi kantong.

Baca juga: Tren Modifikasi Mesin Mobil Keluaran Tahun 90-an

Modifikasi Suzuki SX4 Bergaya Street RacingKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Modifikasi Suzuki SX4 Bergaya Street Racing

Pemilik Sar Speed Solo Anugerah Rio, mengatakan ada beberapa ubahan yang bisa dilakukan untuk memodifikasi mobil bagi pemula.

“Bagi pemula, modifikasi bisa disesuaikan dengan kesiapan, baik dari segi dana maupun peralihan gaya berkendara, pasalnya mobil yang sudah dimodifikasi ini bakal membawa pengendara ke kebiasaan baru dalam mengemudi,” ucap Rio kepada Kompas.com, Senin (26/12/2022).

Dia mengatakan memodifikasi mobil baiknya bertahap, terlebih lagi bagi pemula. Pasalnya, mengendarai mobil standar dan modifikasi itu berbeda rasa dan biayanya.

Baca juga: Modifikasi Honda Civic FD Rebah Tanah Street Racing

Modifikasi Suzuki SX4 bergaya elegan milik RadenKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Modifikasi Suzuki SX4 bergaya elegan milik Raden

“Memodifikasi bisa dimulai dengan mengganti knalpot standar dengan yang racing, dari hal kecil itu pemula bakal merasakan perbedaannya, nantinya pengendara akan lebih senang menginjak pedal gas dan itu berakibat ke konsumsi bahan bakar,” ucap Rio.

Dia mengatakan pemula perlu memahami hukum alam tersebut, bahwa setiap mobil yang dibikin keluar dari standarnya bakal menghasilkan kecepatan atau tenaga yang lebih tapi hal itu sebanding dengan konsumsi bahan bakar yang semakin banyak.

Selain mengganti knalpot, pemula juga bisa melakukan pengerokkan lubang saluran masuk dan keluar atau metode porting polish pada kepala silindernya.

Baca juga: Modifikasi Engine Swap Civic Estilo, Sedot Ratusan Juta Rupiah

Modifikasi Honda Civic FDKompas.com/Nanda Modifikasi Honda Civic FD

“Ini hal yang kecil dan sepele nampaknya, tapi dengan merapikan bekas cetakan di saluran masuk kepala silinder dan mengeroknya satu atau setengah milimeter maka dampaknya akan sangat terasa,” ucap Rio.

Dia mengatakan dengan melakukan porting polish maka sirkulasi udara akan lebih lancar dan pastinya bisa mendongkrak tenaga mesin.

“Dengan melakukan porting polish tipis-tipis, maka untuk mobil pemakaian harian masih aman, namun tenaga akan terdongkrak, jadi cocok dilakukan oleh pemula,” ucap Rio.

Dia mengatakan dengan ubahan ringan tersebut harapannya pemula bisa merasakan perbedaannya dengan perlahan. Sehingga, tidak terkejut dengan perbedaan mobil modifikasi dan standar mulai dari tenaga yang dihasilkan dan konsumsi bahan bakarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.