Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Suzuki Carry Berwajah Mazda Porter Cab

Kompas.com - 19/12/2022, 14:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mazda Porter Cab merupakan salah satu Light Commercial Vehicle (LCV) di Jepang pada tahun 1969 sampai 1989. Kendaraan niaga ringan ini kerap terlihat digunakan oleh masyarakat Jepang pada masanya.

Memiliki desain yang ikonik, membuat salah satu tuner asal Jepang bernama Mooku menawarkan paket konversi bertema retro untuk Suzuki Carry, agar tampangnya terlihat seperti mini truck Mazda dari tahun 70-an itu.

Baca juga: Sulap Sedan Mercedes-Benz W115 Menjadi Station Wagon

Mooku memilih Suzuki Carry generasi kesebelas (2013-sekarang) sebagai dasar modifikasi. Hal ini lantaran Suzuki Carry memiliki basis yang terbilang cukup mirip dengan Mazda Porter Cab.

Modifikasi Suzuki Carry Berwajah Mazda Porter CabDoc Carscoops / Mooku Modifikasi Suzuki Carry Berwajah Mazda Porter Cab

Model yang diusung oleh Mooku adalah Mazda Porter Cab generasi kedua yang meluncur antara tahun 1977 - 1989.

Pada bagian depan, ia mendesain ulang untuk truk kabin mengikuti garis asli dari Mazda Porter Cab.

Potongan trim persegi dengan desain bulat warna hitam sebagai rumah lampu di kedua sisi menonjolkan kesan retro. Ini dipadukan dengan bumper plastik yang tidak di cat sehingga tampilannya begitu sederhana dan minimalis.

Pembeli juga dapat memilih bilah hitam horizontal di antara lampu depan, atau dibuat senada dengan warna bodi sehingga terlihat lebih clean.

Modifikasi Suzuki Carry Berwajah Mazda Porter CabDoc Carscoops / Mooku Modifikasi Suzuki Carry Berwajah Mazda Porter Cab

Ada opsi lampu depan full-LED yang terlihat jauh lebih modern daripada unit halogen, tetapi merusak kesan retro retro. Terakhir, panel dapat dicat dengan warna apapun yang diinginkan oleh konsumen.

Adapun bagian bodi Suzuki Carry lainnya tetap tidak berubah, dengan kata lain tuner asal Jepang hanya melakukan ubahan pada bagian depan.

Baca juga: Pasar Mobil Bekas Masih Dikuasai Merek Jepang

Sebagai informasi, Suzuki Carry dilengkapi dengan mesin bensin tiga silinder 658 cc yang menghasilkan tenaga 50 hp dan torsi 59 Nm. Tenaga ini disalurkan ke empat roda (AWD) melalui gearbox manual lima kecepatan dan sistem AWD dengan kunci diferensial opsional.

Menurut situs resmi Mooku yang dikutip dari Carscoops, Senin (19/12/2022), biaya konversi retro adalah 258.500 yen atau setara dengan Rp 29 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com