Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Kasus Motor Masuk Tol, Pastikan Google Maps Pakai Mode Khusus Motor

Kompas.com - 27/12/2022, 13:01 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Kejadian pengendara sepeda motor masuk jalan tol kembali terulang. Bahkan dalam sehari, insiden pengendara motor masuk jalan tol terjadi di dua ruas tol yang berbeda.

Pertama terjadi di Tol Kapuk, Jakarta Utara, di mana seorang pengendara motor inisial P, masuk ke dalam tol pada Senin (26/12/2022) sekitar pukul 16.45 WIB.

Terkait hal ini, Kasat PJR Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Sutikno mengatakan, bahwa P tersesat akibat mengikuti navigasi yang diarahkan Google Maps di ponselnya.

Baca juga: Warga Sipil Bisa Pesan Pelat RF, tapi Ada Syaratnya

“Pakai aplikasi maps, dia masuk tidak ada gerbang tol karena mobil bayarnya itu di exit tol,” ucap Sutikno, dikutip dari Megapolitan Kompas.com, Selasa (27/12/2022).

Tak berselang lama, kejadian serupa terjadi di samping gerbang tol Cengkareng, Jakarta Barat. Pria berinisial AP itu juga masuk ke dalam tol karena mengikuti petunjuk arah Google Maps.

Alhasil kedua pengendara itu pun diberikan teguran supaya tidak mengulangi kejadian yang dialami keduanya. Sebab, sepeda motor sejatinya tidak boleh melewati jalan tol.

Mode sepeda motor di Google MapsKompas.com/Nanda Mode sepeda motor di Google Maps

Guna menghindari hal tersebut, sebaiknya pengendara motor memastikan bahwa aplikasi tersebut sudah menggunakan mode pengaturan khusus bagi pengendara motor.

Jika menggunakan aplikasi Google Maps, pengendara motor seperti biasa memiliki lokasi yang hendak dituju terlebih dahulu. Setelah rute ditampilkan, pemotor bisa memilih opsi gambar motor yang ada di atas rute setelah ditampilkan.

Setelah itu, Google Maps secara otomatis akan menampilkan jalur yang bisa dilalui motor sehingga pemotor tak akan diarahkan untuk masuk jalan tol.

Pada rute khusus motor, Google Maps biasanya juga menampilkan rute berupa jalan kecil memotong yang bisa mempersingkat waktu menuju lokasi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.