Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Modifikasi Mesin Mobil yang Cocok untuk Pemula

SOLO, KOMPAS.com - Memodifikasi mobil memang menyenangkan. Rupanya, selain modifikasi bodi, dan kaki-kaki, mesin juga bisa dimodifikasi layaknya mobil pada pada sebuah permainan.

Komponen-komponen mesin bisa diubah-ubah dengan spesifikasi yang lebih tinggi, ECU bisa diatur sesuai dengan spesifikasi ubahan yang dilakukan. Ini tentu sangat menyenangkan, apalagi hasil dari modifikasi tersebut dapat dirasakan secara langsung dengan meningkatnya performa mesin.

Namun, melakukan modifikasi pada mesin membutuhkan dana yang tidak sedikit. Maka dari itu, sebagai pemula perlu memilah-milah mana modifikasi yang cocok dengan isi kantong.

Pemilik Sar Speed Solo Anugerah Rio, mengatakan ada beberapa ubahan yang bisa dilakukan untuk memodifikasi mobil bagi pemula.

“Bagi pemula, modifikasi bisa disesuaikan dengan kesiapan, baik dari segi dana maupun peralihan gaya berkendara, pasalnya mobil yang sudah dimodifikasi ini bakal membawa pengendara ke kebiasaan baru dalam mengemudi,” ucap Rio kepada Kompas.com, Senin (26/12/2022).

Dia mengatakan memodifikasi mobil baiknya bertahap, terlebih lagi bagi pemula. Pasalnya, mengendarai mobil standar dan modifikasi itu berbeda rasa dan biayanya.

“Memodifikasi bisa dimulai dengan mengganti knalpot standar dengan yang racing, dari hal kecil itu pemula bakal merasakan perbedaannya, nantinya pengendara akan lebih senang menginjak pedal gas dan itu berakibat ke konsumsi bahan bakar,” ucap Rio.

Dia mengatakan pemula perlu memahami hukum alam tersebut, bahwa setiap mobil yang dibikin keluar dari standarnya bakal menghasilkan kecepatan atau tenaga yang lebih tapi hal itu sebanding dengan konsumsi bahan bakar yang semakin banyak.

Selain mengganti knalpot, pemula juga bisa melakukan pengerokkan lubang saluran masuk dan keluar atau metode porting polish pada kepala silindernya.

“Ini hal yang kecil dan sepele nampaknya, tapi dengan merapikan bekas cetakan di saluran masuk kepala silinder dan mengeroknya satu atau setengah milimeter maka dampaknya akan sangat terasa,” ucap Rio.

Dia mengatakan dengan melakukan porting polish maka sirkulasi udara akan lebih lancar dan pastinya bisa mendongkrak tenaga mesin.

“Dengan melakukan porting polish tipis-tipis, maka untuk mobil pemakaian harian masih aman, namun tenaga akan terdongkrak, jadi cocok dilakukan oleh pemula,” ucap Rio.

Dia mengatakan dengan ubahan ringan tersebut harapannya pemula bisa merasakan perbedaannya dengan perlahan. Sehingga, tidak terkejut dengan perbedaan mobil modifikasi dan standar mulai dari tenaga yang dihasilkan dan konsumsi bahan bakarnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/27/141200615/modifikasi-mesin-mobil-yang-cocok-untuk-pemula

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke