Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaleidoskop 2022: Daftar Merek Mobil Baru di 2022

Kompas.com - 27/12/2022, 08:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun 2022 masih diwarnai dengan pandemi Covid-19. Meski demikian, dunia otomotif tetap berkembang. Bahkan, ada beberapa pabrikan baru yang hadir.

Tahun ini, tercatat ada tiga merek mobil baru di Indonesia, yakni Subaru, Chery, dan Citroen. Ketiga pabrikan tersebut sebenarnya pernah juga dipasarkan di Indonesia. Tapi, sekarang sudah berganti Agen Pemegang Merek (APM).

Baca juga: Perayaan 50 Tahun AWD, Subaru Meluncurkan Forester XT Edition

1. Subaru

Subaru BRZKompas.com/Nanda Subaru BRZ

Mulai 2022, Subaru kembali dipasarkan melalui naungan PT Plaza Auto Mega (Plaza Subaru) selaku agen pemegang merek resminya. Beberapa tahun lalu, Subaru pernah mencoba mencari ceruk di pasar Indonesia lewat PT Motor Image Indonesia (MII).

Tahun ini, Plaza Subaru sudah memasarkan tiga model, yakni All New Forester, XV, dan BRZ. Ketiganya diimpor langsung secara utuh dari Jepang.

Baca juga: Resmikan Diler, Chery Lebarkan Sayap ke Jawa Timur

"Melalui peluncuran All New Subaru Forester secara resmi akhirnya Subaru kembali beroperasi secara penuh 3S, Sales, Service dan Spare part di Indonesia," ujar Arie Christopher Setiadharma, Chief Operating Officer Subaru Indonesia, dalam keterangan resminya.

2. Chery

Chery Tiggo 8 ProKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Chery Tiggo 8 Pro

Chery pada 2011 telah menjual produk-produk unggulannya seperti Chery QQ di dalam negeri. Tapi karena preferensi pasar, merek mobil ini memutuskan untuk keluar dari Indonesia beberapa tahun setelahnya.

Chery resmi kembali ke Indonesia dengan APM PT Chery Sales Indonesia (CSI). Pabrikan asal China ini langsung meluncurkan dua model SUV sekaligus, yakni Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro.

"Kali ini kami datang langsung bersama Chery Internasional. Beragam rencana di Indonesia telah dirancang, seperti investasi yang sudah disebutkan yaitu 1 miliar dollar AS (Rp 14,9 triliun)," kata Presiden Direktur Chery Motor Indonesia, Tao Yong kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

3. Citroen

Citroen resmi memasarkan produk kendaraannya di Indonesia pada 2023. Dok. PT Indomobil Wahana Trada Citroen resmi memasarkan produk kendaraannya di Indonesia pada 2023.

Tidak jauh berbeda dengan dua pabrikan sebelumya, Citroen juga sempat dipasarkan di Indonesia. Pabrikan asal Prancis ini hadir sekitar 30 tahun lalu atau di era '90-an.

Citroen akan memasarkan New C3, e-C4, dan C5 Aircross, di Indonesia. Tapi, ketiga SUV tersebut baru sekadar diperkenalkan dan baru dipasarkan pada 2023.

“Kami yakin Citroën di Indonesia akan dikenal sebagai merek yang “Dares to Care” (Berani Peduli). Peduli terhadap kesejahteraan pelanggan kami, menjaga kenyamanan mereka, dan peduli untuk memberikan mereka pengalaman digital dan bebas masalah terbaik di kelasnya,” kata Vincent Cobee, CEO Citroen, dalam keterangan resminya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com