Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indomobil Group Tidak Khawatir Kia dan Citroen Saling Sikut

Kompas.com - 15/10/2022, 16:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indomobil Group menaungi banyak merek produsen mobil. Merek terbaru yang masuk ke dalam jaringannya adalah Citroen.

Selain Citroen, Indomobil Group terlebih dahulu sudah memegang Kia melalui anak perusahaannya, yakni PT Kreta Indo Artha (KIA).

Baca juga: Adu Spesifikasi Mesin Citroen New C3 Lawan Daihatsu Rocky

Meski memegang beberapa merek mobil yang berbeda, Indomobil Group menjamin bahwa di antara masing-masing merek tersebut tidak akan terjadi kanibalisasi.

Mobil listrik KIA Niro EV dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Sorento HEV, Niro EV dan EV6 GT-Line jadi andalan KIA di produk elektrifikasi.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Mobil listrik KIA Niro EV dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Sorento HEV, Niro EV dan EV6 GT-Line jadi andalan KIA di produk elektrifikasi.

Andrew Nasuri, Head of Business Development Indomobil Group, mengatakan, di Indomobil Group, meskipun ada banyak merek di bawah sayapnya, tapi semua dikelola oleh para profesional yang berbeda.

"Jadi, dari segi arahan dan strategi, akan terpisah. meskipun, ada perusahaan induk yang mengawasi merek-merek tersebut," ujar Andrew, saat ditanya Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Pasarkan Mobil Listrik e-C4, Citroen Terasa Belum Yakin

Menurut Andrew, Kia sedikit berbeda dengan Citroen. Salah satu alasan Indomobil Group memasarkan merek mobil asal Prancis tersebut adalah karena visi yang dimiliki oleh Citroen.

Citroen New C3Kompas.com/Donny Citroen New C3

"Kenapa kami ingin Citroen? Karena ini adalah mobil yang berbeda dengan Kia dan Citroen selalu berpikir di luar kotak. Mereka bisa melihat hal-hal yang pabrikan lain tidak lihat," kata Andrew.

Meski sudah diumumkan bahwa Citroen resmi kembali ke Indonesia, tapi PT Indomobil Wahana Trada (IWT) yang mengatur distribusi dan penjualan Citroen baru akan merilis tiga model pada kuartal I/2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com