Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layani Libur Nataru, Dishub DKI Siapkan 7 Terminal buat Penumpang

Kompas.com - 21/12/2022, 08:12 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta telah menyiapkan tujuh terminal untuk melayani masyarakat yang akan melakukan perjalanan saat libur Natal dan tahun baru (Nataru).

Ketujuh terminal bagi masyarakat yang melakukan libur Nataru itu terdiri dari empat terminal utama dan tiga terminal bantuan

Kepala Unit Pengelola Transportasi Angkutan Jalan (UPTAJ) Dishub DKI Jakarta Syamsul Mirwan mengatakan, terminal tersebut yaitu Terminal Kampung Rambutan, Terminal Kalideres, Terminal Terpadu Pulogebang, dan Terminal Tanjung Priok.

Baca juga: Dua Mobil Hybrid Honda Bakal Meluncur di Indonesia pada 2023

Calon pemudik yang terjaring razia penyekatan berjalan menaiki bus yang akan membawa mereka ke Terminal Pulogebang, Jakarta, di Pintu Tol Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (21/5/2020). Calon pemudik yang terjaring razia penyekatan oleh Polda Metro Jaya tersebut dibawa ke Terminal Pulo Gebang untuk kemudian diarahkan kembali menuju Jakarta.ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI Calon pemudik yang terjaring razia penyekatan berjalan menaiki bus yang akan membawa mereka ke Terminal Pulogebang, Jakarta, di Pintu Tol Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (21/5/2020). Calon pemudik yang terjaring razia penyekatan oleh Polda Metro Jaya tersebut dibawa ke Terminal Pulo Gebang untuk kemudian diarahkan kembali menuju Jakarta.

Adapun terminal bantuan yaitu Terminal Muara Angke, Terminal Lebak Bulus, dan Terminal Grogol.

“Terminal bantuan merupakan langkah mitigasi pemecahan kepadatan calon penumpang yang akan melakukan perjalaan saat Nataru,” ujar Syamsul dalam keterangan tertulis (20/12/2022).

Syamsul menambahkan, posko terpadu juga mulai disiagakan di terminal-terminal tersebut selama masa angkutan Natal 2022 dan tahun baru 2023 bersinergi dengan Dinas Kesehatan, BNNP, dan TNI-Polri.

Baca juga: Video Sopir Truk Jadi Korban Pemalakan Saat Tunggu Lampu Merah

Posko tersebut bakal melayani pemeriksaan kondisi kesehatan dan vaksinasi booster bagi pelaku perjalanan dan awak bus AKAP. Bahkan, tes urine bagi awak bus juga akan dilakukan.

"Posko terpadu ini nantinya juga bakal ada pemeriksaaan uji kelaikan (rampcheck) bus untuk memastikan keamanan penumpang dan kendaraan angkutan umum," ucap Syamsul.

Menurut dia, untuk menjamin pelaksanaan protokol kesehatan selama libur Nataru tahun ini, telah disediakan hand sanitizer, masker, dan template PeduliLindungi pada masing-masing terminal.

“Kita terus perkuat koordinasi untuk memberikan layanan semaksimal mungkin bagi calon penumpang masa Natal 2022 dan tahun baru 2023,” kata Syamsul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com