Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Volvo Buses Luncurkan Sasis B11R dan B8R Euro 5, Rakitan Lokal

Kompas.com - 20/12/2022, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Volvo Buses Indonesia bersama dengan PT Indotruck Utama (ITU) selaku distributor resmi meluncurkan rangkaian sasis baru Volvo Bus dengan standar emisi Euro 5 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin (19/12/2022).

Sasis baru Volvo yang diproduksi antara lain, B11R, B8R, dan B8RLE yang berstatus rakitan lokal oleh PT National Assemblers di Pulo Gadung.

Hadirnya lini produk Euro 5 ini seiring dengan berlakunya regulasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia yang mewajibkan semua kendaraan diesel mematuhi standar emisi Euro 4. Volvo Buses menjadi yang pertama di pasar untuk memperkenalkan rangkaian produk lengkap Euro 5 di Indonesia.

Mats Nilsson, Direktur Volvo Buses Asia Pasifik Tengah mengatakan, hadirnya sasis bus Volvo Euro 5 dan peresmian pabrik perakitan jadi momen yang bersejarah, menunjukkan komitmen kuat terhadap pasar bus di Indonesia. 

Baca juga: Volvo Buka Diler Baru di Jakarta Pusat

Volvo Buses Indonesia dan PT Indotruck Utama merilis Volvo B11R dan B8R dengan standar emisi Euro 5KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Volvo Buses Indonesia dan PT Indotruck Utama merilis Volvo B11R dan B8R dengan standar emisi Euro 5

“Ini merupakan dukungan kami terhadap arahan pemerintah menuju sistem transportasi umum yang lebih hijau dan berkelanjutan dengan peningkatan standar emisi. Di Volvo, kepedulian terhadap lingkungan merupakan hal mendasar dalam menjalankan bisnis kami, dan peluncuran rangkaian produk Euro 5 kami di Indonesia merupakan sebuah kemajuan dalam perjalanan efisiensi energi kami,” ucapnya dalam siaran resmi, Senin (19/12/2022).

Mengenai produk, Volvo memercayai sistem Selective Catalytic Reduction atau SCR yang menembakkan cairan AdBlue pada gas buang. Hasilnya, emisi CO2 berkurang serta pengurangan zat-zat beracun dari hasil gas pembakaran yang sesuai dengan standar Euro 5.

Selain lebih rendah emisi, produk Euro 5 dari Volvo dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan seperti Electronic Stability Program (ESP) dan Electronic Braking System (EBS) yang menjadi fitur dasar. Pada acara peluncuran juga ditampilkan Volvo B11R dan Volvo B8R yang baru dirakit oleh PT National Assemblers milik Grup Indomobil. 

 Baca juga: Daftar Mobil Milik Lionel Messi, Ada Ferrari Klasik Tahun 1957


Pada awal 2022, seluruh tim teknisi dari PT National Assemblers diundang untuk mengunjungi pabrik manufaktur Volvo Buses di Boras, Swedia. Para teknisi menyelesaikan program transfer kompetensi dan pembelajaran selama seminggu penuh di pabrik Swedia tersebut.

Tim diberi kesempatan untuk berlatih secara langsung, baik secara teori maupun praktik. Saat memulai perakitan di Indonesia, tim teknisi dari pabrik Volvo Buses di Boras, Swedia, ikut memantau kegiatan di lokasi produksi guna memastikan transfer kompetensi lengkap dan perakitan dilakukan dengan benar dan lancar sesuai dengan standar Volvo.

“Tim kami di National Assemblers mengikuti pelatihan lanjutan untuk merakit fitur-fitur baru yang terhubung dengan spesifikasi Euro V. Pelatihan khusus juga diberikan untuk penguji jalan dan auditor produk untuk memastikan bahwa standar tertinggi tetap dipertahankan selama proses perakitan dan kontrol kualitas,” jelas Bambang Prijono, Presiden Direktur ITU. 

Baca juga: 2 Bus Baru PO Sudiro Tungga Jaya Pakai Sasis Tronton Volvo

 

Volvo Buses Indonesia dan PT Indotruck Utama merilis Volvo B11R dan B8R dengan standar emisi Euro 5KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Volvo Buses Indonesia dan PT Indotruck Utama merilis Volvo B11R dan B8R dengan standar emisi Euro 5

“Kualitas adalah salah satu nilai inti Volvo, yang juga menjadi dasar dari semua yang kami lakukan di Grup Indomobil mulai dari desain, pembuatan, dan pengujian kendaraan kami, hingga servis, suku cadang, dan orang-orang, yang mendukung pelanggan dan mitra bisnis," ucap Bambang.

Kemudian, dengan produksi yang dilakukan secara lokal, maka mengurangi bea masuk pada impor langsung. Sehingga, Volvo menghadirkan produk yang ramah lingkungan dengan harga yang lebih kompetitif.

“Dengan proses perakitan lokal, kami juga membuka kesempatan untuk memanfaatkan barang produksi lokal untuk bus Volvo kami,” tambah Eka Lovyan, Chief Operating Officer PT. ITU.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.