Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajib Cek Kondisi Mobil Sebelum Dipakai Berlibur ke Luar Kota

Kompas.com - 19/12/2022, 16:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Mengisi liburan memang identik dengan bepergian ke luar kota. Bisa mengunjungi saudara atau menuju ke objek wisata yang memiliki nuansa berbeda dari biasanya.

Tidak sedikit masyarakat yang memilih menggunakan mobil untuk alat transportasi. Selain lebih mudah, perjalanan bisa lebih fleksibel dan santai.

Agar perjalanan aman untuk luar kota, simak tips mempersiapkan mobil berikut ini.

Baca juga: Biaya Servis New Xpander Cross Selama 5 Tahun, Sebulan Rp 190.000

Ilustrasi servis mobilDok.Auto2000 Ilustrasi servis mobil

Foreman Nissan Bintaro, Ibrohim mengatakan persiapan untuk luar kota paling utama adalah memastikan mobil dalam kondisi prima.

“Dengan kondisi mobil prima, maka diharapkan perjalanan menggunakan mobil menjadi lebih nyaman dan aman,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Senin (19/12/2022).

Dia mengatakan untuk memastikan mobil prima, pemilik mobil bisa melakukan servis atau perawatan di bengkel kepercayaan. Selanjutnya, pemilik mobil tidak hanya perlu mengontrol kondisi mobil yang ringan-ringan saja.

Baca juga: Mana Lebih Baik, Servis Berkala Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh?

Ilustrasi servis di bengkel resmi MitsubishiDok. KTB Ilustrasi servis di bengkel resmi Mitsubishi

“Jika mobil dalam kondisi prima, pemilik mobil hanya perlu mengontrol hal-hal yang ringan seperti tekanan angin ban, air radiator, oli, lampu-lampu, air aki dan sebagainya,” ucap Ibrohim.

Ketika mobil tidak prima, misalnya ada gejala mesin pincang, neglitik, tarikan berat dan sejenisnya disarankan melakukan servis karena kondisi tersebut menandakan mobil tidak layak digunakan untuk perjalanan jauh.

“Minimal melakukan tune-up, ganti oli, dan pengecekan seluruh elemen penting pada mobil, dengan demikian pemilik mobil akan mengetahui kondisi kaki-kaki, mesin dan transmisinya, jangan sampai nanti malah timbul kendala di tengah perjalanan,” ucap Ibrohim.

Baca juga: Biaya Servis Xenia 1.5 R ASA Selama 5 Tahun, per Bulan Rp 170.000

Seorang mekanik sedang melakukan servis mobil. DOK. TAM. Seorang mekanik sedang melakukan servis mobil.

Dia mengatakan dengan melakukan pemeriksaan ke bengkel maka pemilik mobil akan mengetahui detail kondisi mobil.

“Untuk kategori keselamatan ada pengecekan kondisi ban, tekanan angin ban, kampas rem, sistem rem dan sebagainya, untuk performa ada pengecekan kampas kopling, kondisi mesin, ngelitik atau tidak dan sejenisnya,” ucap Ibrohim.

Selanjutnya dia mengatakan ada pengecekan dalam kategori kenyamanan yang meliputi suspensi dan AC.

Baca juga: Biaya Servis Xenia 1.5 R ASA Selama 5 Tahun, per Bulan Rp 170.000

Ilustrasi area servis kendaraan di bengkel Mitsubishi Motors. Dok. MMKSI Ilustrasi area servis kendaraan di bengkel Mitsubishi Motors.

“Tidak hanya mesin, suspensi seperti peredam kejut, arm, rack steer dan sistem AC perlu diperiksa, setidaknya pemilik mobil perlu tahu bahwa mobil tersebut bakal memberikan kenyamanan atau tidak selama digunakan,” ucap Ibrohim.

Jadi, untuk mempersiapkan mobil yang prima pemilik mobil harus berkonsultasi secara mendetail ke bengkel kepercayaan berdasarkan kategorinya, sehingga pemilik mobil bisa membuat skala prioritas untuk melakukan perbaikan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com