Kompas.com - 19/10/2022, 17:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu pertimbangan konsumen dalam memilih mobil adalah biaya servis. Sebab, biaya servis menjadi pengeluaran rutin konsumen dalam memelihara mobil pilihannya.

Bagi calon pemilik Daihatsu Xenia 1.5 R ASA, biaya servis yang harus dikeluarkan terbilang bersahabat.

Berdasarkan data yang kami dapatkan dari PT Astra Daihatsu Motor (ADM), total biaya servis sampai 100.000 Km atau selama 5 tahun mencapai Rp 10.293.799.

Baca juga: Penjualan Avanza Melandai karena Stargazer, Toyota Menanggapi

Test Drive All New Xenia 1.500 cc ASA CVTKOMPAS.com/Adityo Wisnu Test Drive All New Xenia 1.500 cc ASA CVT

Hitungan tersebut sudah termasuk gratis biaya jasa perawatan sampai dengan 50.000 Km atau 30 bulan.

Apabila dibagi 5 tahun, maka total biaya per tahun yang mesti dibayarkan konsumen sebesar Rp 2.058.759. Sedangkan, jika dibagi 12 bulan, maka tiap bulannya konsumen harus menyisihkan Rp 171.563.

Untuk diketahui, dua varian teratas Xenia terbaru memiliki embel-embel ADS dan ASA. Sudah tahu apa perbedaannya?

Baca juga: Jalan Tol Layang Terpanjang di Indonesia, Pakai 9.000 Tiang Pancang

New Xenia ADS memiliki eksterior yang lebih sporty yang tidak bisa didapatkan pada varian ASA. Sebut saja seperti bumper depan dan belakang dengan tambahan skirt.

Lantas di sisi sampingnya, terpasang side skirt yang membawa desain hitam bergaris merah mengikuti skirt bumper depan dan belakang.

Bukan cuma itu, New Xenia ADS turut mendapat paket kaca film, garnish pintu bagasi, ambient lighting, dan karpet 3D di dalam kabin.

Baca juga: Tanda-tanda Transmisi Matik pada Mobil Mulai Bermasalah

All New Daihatsu XeniaKOMPAS.com/Adityo Wisnu All New Daihatsu Xenia

Bergeser ke varian ASA, New Xenia dengan embel-embel Advanced Safety Assist ini mendapatkan paket teknologi keselamatan aktif alih-alih tampilan bodi yang sporty.

Paket fitur keselamatan ini diberi nama Active Safety Pack yang saling terintegrasi. Fitur keselamatan aktif tersebut memanfaatkan sensor kamera yang terpasang di area kaca depan tepat di balik spion tengah.

Sensor kamera ini berfungsi mendeteksi objek atau kendaraan di depan mobil dan garis lajur. Jika diperinci, paket fitur keselamatan pada New Xenia ASA terdiri atas Collision Warning Function, Pedal Misoperation Control, Lane Departure Warning, Lane Departure Prevention, dan Leading Vehicle Departure Warning.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.