Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Tinggalkan Tas Saat Perjalanan Naik Bus AKAP

Kompas.com - 15/12/2022, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan perjalanan dengan bus malam harus ekstra hati-hati dengan barang yang dibawa. Jangan sampai benda berharga yang ada dalam tas malah pindah ke tangan orang lain.

Pada video yang diunggah akun supir_tembak7115 di Tiktok, terlihat aksi seseorang yang diduga sedang membongkar tas penumpang lain. Tampak lampu kabin menyala, bisa saja bus sedang berhenti untuk istirahat.

Setelah pelaku melihat ada kamera CCTV, dia langsung berdiri dan menutup kamera dengan stiker hitam. Tentu adanya kejadian seperti ini bisa jadi pelajaran untuk tetap berhati-hati saat bepergian dengan bus AKAP.

Baca juga: Damri Siagakan 1.379 Bus untuk Libur Nataru

@supir_tembak7115 mohon berhati hati kawan .simpan barang berharga kalian ,atau di bawa saat turun dari bis ???????? #27trans #27transmalang ? suara asli - Supir Serep

Yulius Jatmiko, Sekjen BisMania Community mengatakan, ketika naik bus, lebih baik bawa turun tas ketika sedang berisitrahat untuk servis makan atau sekadar ke toilet.

"Membawa tas turun memang pilihan paling aman," ucap Yulius kepada Kompas.com, Rabu (14/12/2022).

Kemudian menurut Yulius, agar ke depannya bisa mengurangi kejadian seperti ini, kru harus mengawasi kabin saat sedang istirahat. Bahkan lebih baik kalau semua penumpang wajib turun ketika di rumah makan.

Baca juga: Jenis Pelanggaran yang Bisa Tertangkap ETLE Mobile


"Ada saja penumpang yang sengaja lama keluarnya (dari bus), ini yg biasanya diwaspadai. Kalau pun ada yang tidak mau keluar, harus dipastikan karena yang bersangkutan ada alasan penting, misal sakit," ucap Yulius.

Lalu, ketika semua penumpang sudah turun dan istirahat, pintu bus lebih baik dikunci oleh kru. Sehingga penumpang baru bisa naik lagi ketika bus sudah mau melanjutkan perjalanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.