Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Metro Jaya Resmi Luncurkan ETLE Mobile

Kompas.com - 13/12/2022, 14:58 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Metro Jaya resmi meluncurkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Mobile, pada Selasa (13/12/2022).

Kamera ETLE ini terpasang pada mobil patroli kepolisian untuk menindak para pelanggar lalu lintas di jalan raya. Penerapan model ETLE yang lebih dinamis itu digadang bakal lebih bisa mendisiplinkan para pengguna jalan agar lebih tertib berlalu lintas.

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengatakan, dengan peluncuran ETLE diharapkan masyarakat dapat memperoleh kepastian hukum dalam lalu lintas.

Baca juga: Siap Digelar, Ini Jadwal dan Lokasi Jakarta Auto Week 2023

ETLE Mobile dapat memberikan jaminan kepada masyarakat untuk mendapat kepastian hukum yang adil dan tidak pandang bulu di jalan raya,” ucap Fadil dalam peluncuran ETLE Mobile, Selasa (13/12/2022).

ETLE MobileIstimewa ETLE Mobile

“Data bukti pelanggaran juga terarsip dalam data base ETLE Mobile nasional yang nantinya akan memberikan kemudahan untuk penyidik dalam menyediakan bukti di persidangan,” lanjutnya.

Setidaknya ada 11 unit kendaraan yang terpasang kamera ETLE untuk merekam pelaku pelanggaran lalu lintas.

“11 mobil ETLE, adalah wujud dari transparansi berkeadilan polri,” kata Fadil.

Baca juga: Pilih Mana Sewa Mobil Lepas Kunci atau Pakai Sopir?

Selain meresmikan ETLE Mobile, Fadil juga turut meresmikan dua aplikasi lainnya, yakni Info Laka dan Police Smart. Aplikasi tersebut diperuntukkan untuk mendukung informasi seputar lalu lintas hingga pelayanan terhadap masyarakat.

“Nantinya pelayanan Samsat, pelayanan laka dan lainnya dapat dijembatani dengan adanya 1.000 personel Polantas Smart ini, sehingga aplikasi ini akan menjadi etalase Ditlantas Polda Metro Jaya dalam menjalin komunikasi yang baik dan responsif dengan masyarakat,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com