Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menguji Performa MINI Electric dan Konsumsi Dayanya

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil listrik MINI Electric hadir dengan desain eksterior yang tak jauh berbeda dengan versi konvensional. Interior juga terasa hampir sama dengan MINI 3-Door.

Soal performa, MINI Electric basisnya mirip dengan MINI 3-Door yang memang kental dengan aura sporty. Motor listriknya memiliki daya 135 kW dengan torsi 270 Nm.

MINI mengklaim kemampuan akselerasi mobil listriknya untuk 0-100 Kilometer per jam (Kpj) dapat ditempuh dalam 7,3 detik. Sedangkan kecepatan maksimumnya, tembus 150 Kpj.

MINI Electric memiliki empat mode berkendara, yakni Sport, Mid, Green, dan Green+. Dengan mode Sport, potensi tenaga yang dimiliki motor listriknya bisa dikeluarkan secara maksimal.

Tak heran jika MINI mengklaim kemampuan akselerasi mobil listriknya sangat cepat. Kemampuan tersebut juga didukung dengan tinggi MINI Electric yang cukup rendah. Sehingga, pusat gravitasinya juga rendah. Hal ini membantu untuk menjaga laju mobil tetap stabil saat kecepatan tinggi.

Didukung juga dengan suspensi yang sebenarnya cukup kaku. Untuk perjalanan jauh, mungkin kurang nyaman. Tapi, untuk jarak pendek atau kecepatan tinggi, suspensinya cukup mendukung.

Sementara untuk konsumsi dayanya, tim Kompas.com sudah mengujinya dengan jarak minimal 60 Km. Pengetesan dilakukan di daerah selatan Jakarta pada sore hari atau jam pulang kantor.

Dengan kecepatan rata-rata 16,8 Kpj, rata-rata daya yang dihabiskan adalah 7,3 Km/kWh. Kapasitas baterai yang digunakan sekitar 30 persen.

Mode berkendara yang digunakan adalah Green, karena dinilai paling cocok untuk berkendara harian di perkotaan. Mobil ini diisi oleh test driver Kompas.com dengan postur 157 cm dan berat 60 kg.

Jika rata-rata konsumsi dayanya 7,3 km/kWh, maka biaya yang dikeluarkan untuk mencapai 60 km adalah Rp 20.342. Tapi, dengan catatan harga per kWh adalah Rp 2.475, seperti harga yang berlaku pada Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Pertamina.

Meskipun performanya cukup bertenaga, tapi tentu konsekuensinya adalah konsumsi daya juga menjadi besar. Sementara, kapasitas baterai MINI Electric hanya 32,6 kWh yang diklaim memiliki jarak tempuh 232 Km.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/13/100200915/menguji-performa-mini-electric-dan-konsumsi-dayanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke