Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Laik Fungsi Tol Semarang-Demak Ditargetkan Selesai 15 Desember

Kompas.com - 11/12/2022, 10:01 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SEMARANG,KOMPAS.com - Pihak kontraktor Tol Semarang - Demak seksi II sepanjang 16,31 kilometer (km), menargetkan melakukan penyelesaian temuan-temuan uji laik fungsi pada 15 Desember 2022, atau sebelum libur Natal dan tahun baru (Nataru) 2023. 

Saat ini, PT Pembangunan Perumahan (PP) sedang melaksanakan uji laik fungsi (ULF) sejak (3/12/2022). Pembangunan konstruksi juga masih berlangsung, progresnya mencapai 99,8 persen.

Dengan adanya target penyelesaian uji laik tersebut, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap setelah 15 Desember, Tol Semarang-Demak sudah bisa dioperasionalkan kembali untuk Nataru.

"Mudah-mudahan setelah 15 Desember sudah bisa dibuka kembali,  Nataru sudah siap. Nyoba tol ini, dari pintu masuk di Kadilangu sampai Exit Sayung, alhamdulilah arus lalu lintas lancar. Sebelum tol jadi, macetnya mengerikan. Semoga finishing bisa cepat dan bagus," kata Ganjar, dikutip dari laman resmi Pemprov Jawa Tengah, Minggu (11/12/2022). 

Baca juga: Uji Coba Tol Semarang Demak, Banyak Pengendara Langgar Batas Kecepatan

Sebagai informasi, Tol Semarang - Demak memiliki panjang total 26,95 km, ruas tol tersebut terbagi 2 seksi melalui skema Kerja Sama Badan Usaha dengan Pemerintah (KPBU).

Tol Semarang-Demak terintegrasi tanggul laut dengan struktur timbunan di atas laut yang diperkuat dengan matras bambu setebal 13 lapis.

Beberapa waktu yang lalu, Tol Semarang-Demak dibuka sementara sebagai jalur alternatif menghindari kemacetan di jalur Pantura imbas perbaikan jembatan Wonokerto pada Sabtu (12/11/2022). 

Saat meninjau tahap akhir pembangunan Tol Semarang-Demak usai kunjungan kerja di Pati, Rabu (7/12/2022) Ganjar menyebut, ada beberapa evaluasi sarana dan prasarana pendukung. Di antaranya Penerangan Jalan Umum (PJU), lampu tambahan, Closed Circuit of Television (CCTV), aktivitas tes loading, dan pengesatan jalan.

Tol Semarang-Demak.
Dok. Kementerian PUPR. Tol Semarang-Demak.

“Kita perbaiki lagi dan cek agar 100 persen siap. Yang belum itu PJU, lampu tambahan, dan CCTV beberapa titik belum ada. Struktur kekuatan tol kita tes loading, sama kekesatan jalan," katanya. 

Pada uji coba lalu, kehadiran jalan tol tersebut dianggap berhasil mengurai kemacetan arus lalu lintas, banyak pengguna jalan yang menilai waktu tempuh Semarang - Demak atau sebaliknya terpangkas jadi 25 menit saja.

Nantinya, Ganjar berharap, mobilisasi perekonomian daerah Kabupaten/Kota yang dilintasi dapat terdongkrak. Tol Semarang - Demak juga diharapkan jadi solusi mengurangi dampak rob pesisir Pantura yang diprediksi meluas beberapa tahun belakangan. 

Baca juga: Tol Semarang-Demak, Disebut Mirip Jalan Tol Bali Mandara

"Semoga manfaatnya dirasakan, lalu lintas lancar bebas rob dan macet. Ekonomi bertumbuh, jadi nanti muncul industri baru, lapangan kerja terbuka, dan wilayah-wilayah Demak, Kudus, Jepara dan sekitarnya beberapa tahun ke depan jadi basis perkonomian Jawa Tengah bahkan Indonesia," ucap Ganjar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com