Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Serahkan Bantuan untuk Korban Gempa Bumi Cianjur lewat PMI

Kompas.com - 09/12/2022, 12:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Indonesia melalui PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menyerahkan bantuan senilai Rp 600 juta untuk korban bencana alam gempa bumi Cianjur lewat Palang Merah Indonesia (PMI), Kamis (8/12/2022).

Bantuan tersebut merupakan hasil kerja sama dengan perusahaan pemasok lokal Toyota, yang tergabung dalam Toyota Manufactures Club (TMClub), Toyota Logistic Community (TLC),d an Toyota Equipment and Facility Community (TEFC).

Seremoni simbolis, langsung dilakukan oleh Presiden Direktur TMIIN Warih Andang Tjahjono yang kemudian diterima oleh Ketua Umum PMI Pusat, Jusuf Kalla dan disaksikan oleh Wakil Ketua Umum PMI Pusat Ginandjar Kartasasmita.

Baca juga: Toyota Optimistis Menatap Industri Otomotif Tahun Depan

Pabrik Toyota Australia.Motoring.com.au Pabrik Toyota Australia.

"Diharapkan bentuk kepedulian tersebut dapat meringankan beban dari masyarakat korban bencana agar bisa segera bangkit dan melanjutkan aktivitas seperti sedia kala," kata Warih dalam keterangannya.

Turut hadir pula dalam kesempatan itu, Sekjen PMI Pusat Sudirman Said dan Ketua TMClub Willy Djunaedi sebagai saksi di Markas PMI Pusat Jakarta Selatan.

Sebelumnya, PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku bagian dari Toyota Indonesia dan Astra International juga sudah menyerahkan bantuan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPRD) setempat.

Diketahui, gempa bumi berkekuatan Magnitudo (M) 5,6 yang terjadi di Kabupaten Cianjur pada 21 November 2022 kemarin menyisahkan berbagai dampak. Sebanyak 53.408 unit rumah rusak yang diantaranya merupakan rusak berat sebesar 12.956 unit.

Baca juga: Toyota Sebut, Innova EV Masih Berstatus Studi

Tidak hanya itu, ada pula 540 unit sekolah yang rusak, 272 unit tempat ibadah rusak, dan 18 fasilitas kesehatan yang rusak pula.

Gempa ini berdampak pada 16 kecamatan dari total 32 kecamatan yang ada di kabupaten tersebut. Adapun desa yang terdampak mencapai 169 dari total 360 desa/keluarahan yang ada.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.