Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Serahkan Bantuan untuk Korban Gempa Bumi Cianjur lewat PMI

Kompas.com - 09/12/2022, 12:12 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Indonesia melalui PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menyerahkan bantuan senilai Rp 600 juta untuk korban bencana alam gempa bumi Cianjur lewat Palang Merah Indonesia (PMI), Kamis (8/12/2022).

Bantuan tersebut merupakan hasil kerja sama dengan perusahaan pemasok lokal Toyota, yang tergabung dalam Toyota Manufactures Club (TMClub), Toyota Logistic Community (TLC),d an Toyota Equipment and Facility Community (TEFC).

Seremoni simbolis, langsung dilakukan oleh Presiden Direktur TMIIN Warih Andang Tjahjono yang kemudian diterima oleh Ketua Umum PMI Pusat, Jusuf Kalla dan disaksikan oleh Wakil Ketua Umum PMI Pusat Ginandjar Kartasasmita.

Baca juga: Toyota Optimistis Menatap Industri Otomotif Tahun Depan

Pabrik Toyota Australia.Motoring.com.au Pabrik Toyota Australia.

"Diharapkan bentuk kepedulian tersebut dapat meringankan beban dari masyarakat korban bencana agar bisa segera bangkit dan melanjutkan aktivitas seperti sedia kala," kata Warih dalam keterangannya.

Turut hadir pula dalam kesempatan itu, Sekjen PMI Pusat Sudirman Said dan Ketua TMClub Willy Djunaedi sebagai saksi di Markas PMI Pusat Jakarta Selatan.

Sebelumnya, PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku bagian dari Toyota Indonesia dan Astra International juga sudah menyerahkan bantuan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPRD) setempat.

Diketahui, gempa bumi berkekuatan Magnitudo (M) 5,6 yang terjadi di Kabupaten Cianjur pada 21 November 2022 kemarin menyisahkan berbagai dampak. Sebanyak 53.408 unit rumah rusak yang diantaranya merupakan rusak berat sebesar 12.956 unit.

Baca juga: Toyota Sebut, Innova EV Masih Berstatus Studi

Tidak hanya itu, ada pula 540 unit sekolah yang rusak, 272 unit tempat ibadah rusak, dan 18 fasilitas kesehatan yang rusak pula.

Gempa ini berdampak pada 16 kecamatan dari total 32 kecamatan yang ada di kabupaten tersebut. Adapun desa yang terdampak mencapai 169 dari total 360 desa/keluarahan yang ada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com