Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Pilih Lokasi Parkir Mobil, Ruang Kosong Belum Tentu Aman

Kompas.com - 03/12/2022, 07:42 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Kegiatan memarkirkan mobil tidak bisa dianggap sepele. Salah posisi parkir bisa membuat mobil Anda jadi korban kecelakaan sampai bencana alam.

Seperti kejadian di kawasan Bintaro Sektor 9, Pondok Aren, Tangerang Selatan, belum lama ini. Di mana terjadi tanah longsor dan tembok roboh yang menyebabkan beberapa mobil terkena dampak serta mengalami kerusakan.

Kapolsek Pondok Aren Kompol Endy Mahandika, mengatakan, ada empat mobil yang tertimpa tembok yang roboh tersebut. Keempat mobil itu adalah Honda Fred, Honda Brio, serta dua Mitsubishi Pajero Sport.

Baca juga: Ini Keunggulan Mobil Penggerak Roda Depan

@meganaaqibmunib74

#bencanaalam #bintaro #fyp #fyp? #fypage

? suara asli - Megan AaqibMunib

“Korban tidak ada. Empat mobil itu saja yang tertimpa tembok " ujar Endy, disitat dari Kompas Megapolitan (2/12/2022).

Menanggapi kejadian ini, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, mengatakan, pengemudi harus pintar memilih lokasi parkir mobil. Pasalnya, ruang kosong yang ada belum tentu aman bagi mobil.

“Banyak pengemudi yang salah kaprah dalam memarkirkan kendaraannya," ujar Sony, kepada Kompas.com (2/12/2022).

Baca juga: Toyota Ingin Diskon PPnBM Kembali Bergulir Tahun Depan

"Kalau mengacu kepada kasus tersebut, memang sepertinya aman dan terlindung dari matahari. Tapi ada bahaya yang mengancam ketika berada di bawah bibir dinding,” tutur dia.

Mulai dari runtuhnya dinding akibat gagal konstruksi dan efek gempat. Kemudian, adanya objek yang jatuh dari atas. Hingga di sisi dinding bawah tanah yang sering berakibat longsor.

“Nah ini kebiasaan yang dilakukan oleh pengemudi, asal memarkirkan kendaraan di space yang kosong tanpa melihat potensi bahayanya,” kata Sony.

Baca juga: Lakukan Ini bila Nissan Kicks Mogok Kehabisan Daya Baterai

Ilustrasi parkir mobilresi.blog.realestate.com.au Ilustrasi parkir mobil

Ia juga menambahkan, pastikan kendaraan parkir di lokasi yang aman, sesuai dengan area parkir yang tersedia. Atau sesuai dengan arahan petugas, agar ada yang bertanggung jawab apabila terjadi masalah.

“Jadi mulai sekarang hindari parkir mobil di bawah pohon, di turunan atau tanjakan, di tempat yang basah, licin, gelap, sisi hydrant, tikungan dan di pinggir jalan (parkir paralel),” ucap Sony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.