Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Pilih Lokasi Parkir Mobil, Ruang Kosong Belum Tentu Aman

JAKARTA, KOMPAS.com – Kegiatan memarkirkan mobil tidak bisa dianggap sepele. Salah posisi parkir bisa membuat mobil Anda jadi korban kecelakaan sampai bencana alam.

Seperti kejadian di kawasan Bintaro Sektor 9, Pondok Aren, Tangerang Selatan, belum lama ini. Di mana terjadi tanah longsor dan tembok roboh yang menyebabkan beberapa mobil terkena dampak serta mengalami kerusakan.

Kapolsek Pondok Aren Kompol Endy Mahandika, mengatakan, ada empat mobil yang tertimpa tembok yang roboh tersebut. Keempat mobil itu adalah Honda Fred, Honda Brio, serta dua Mitsubishi Pajero Sport.

Menanggapi kejadian ini, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, mengatakan, pengemudi harus pintar memilih lokasi parkir mobil. Pasalnya, ruang kosong yang ada belum tentu aman bagi mobil.

“Banyak pengemudi yang salah kaprah dalam memarkirkan kendaraannya," ujar Sony, kepada Kompas.com (2/12/2022).

"Kalau mengacu kepada kasus tersebut, memang sepertinya aman dan terlindung dari matahari. Tapi ada bahaya yang mengancam ketika berada di bawah bibir dinding,” tutur dia.

Mulai dari runtuhnya dinding akibat gagal konstruksi dan efek gempat. Kemudian, adanya objek yang jatuh dari atas. Hingga di sisi dinding bawah tanah yang sering berakibat longsor.

“Nah ini kebiasaan yang dilakukan oleh pengemudi, asal memarkirkan kendaraan di space yang kosong tanpa melihat potensi bahayanya,” kata Sony.

Ia juga menambahkan, pastikan kendaraan parkir di lokasi yang aman, sesuai dengan area parkir yang tersedia. Atau sesuai dengan arahan petugas, agar ada yang bertanggung jawab apabila terjadi masalah.

“Jadi mulai sekarang hindari parkir mobil di bawah pohon, di turunan atau tanjakan, di tempat yang basah, licin, gelap, sisi hydrant, tikungan dan di pinggir jalan (parkir paralel),” ucap Sony.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/03/074200015/tips-pilih-lokasi-parkir-mobil-ruang-kosong-belum-tentu-aman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke