Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produksi Mobil Toyota Naik 23 Persen di Tengah Krisis Cip

Kompas.com - 01/12/2022, 07:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Motor Corporation berhasil meningkatkan produksi kendaraan hingga 20 persen lebih, di tengah pandemi Covid-19 yang masih menghantui produsen otomotif.

Dikutip dari AutomotiveNews, Rabu (30/11/2022), Toyota sukses meningkatkan angka produksi sebesar 23 persen pada periode Oktober. Toyota tercatat memproduksi 771.382 kendaraan, di atas target yang sebelumnya sudah ditetapkan yakni sebanyak 750.000 unit.

Seperti diketahui, Toyota mengalami gangguan hingga harus mengurangi jumlah produksi kendaraan lantaran masalah cip semikonduktor. Terlebih lagi adanya bencana alam serta gangguan pabrik juga turut memperlambat pemulihan pasokan chip mobil.

Baca juga: Inden Mobil Listrik Toyota bZ4X Tembus 6 Bulan


Akibatnya, perusahaan raksasa otomotif Jepang itu pun sempat mengurangi jumlah produksi kendaraannya.

Seorang eksekutif Toyota mengatakan, pihaknya akan terus bertanggung jawab terkait pembelian produk oleh konsumen di tengah kekurangan cip semikonduktor. Pasalnya, pembuat cip tengah memprioritaskan penggunaan komponen tersebut untuk barang elektronik.

Ilustrasi pabrik Toyota di Amerika Serikat.asia.nikkei.com Ilustrasi pabrik Toyota di Amerika Serikat.

Toyota berharap dapat memproduksi 9,2 juta kendaraan pada tahun fiskal ini yang berakhir pada Maret 2023, angka ini turun dari perkiraan sebelumnya yakni sebesar 9,7 juta tetapi masih di atas produksi tahun lalu sekitar 8,6 juta unit.

Baca juga: Wuling Gandeng Gotion Sebagai Pemasok Baterai Mobil Listrik

Sebagai informasi, untuk pasar global Toyota telah memproduksi beberapa model, diantaranya Toyota Land Cruiser, Toyota Alphard, Toyota Camry hingga Toyota Corolla Cross.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com