Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pemeriksaan Kendaraan Setelah Road Trip Ribuan Kilometer

PEKANBARU, KOMPAS.com - Tim Merapah Trans-Sumatera 2022 akhirnya menyelesaikan perjalanan dari Jakarta menuju Aceh dalam 12 hari. Tim sudah melalui 2.800-an kilometer jalan dengan berbagai kondisi.

Selama perjalanan, Honda BR-V yang kami gunakan tidak mengalami kendala sama sekali. Berbagai kondisi jalan kami lewati, dari yang mulus di tol, aspal, beton, sampai bergelombang dan berlubang.

Setelah melewati perjalanan yang panjang, sebaiknya mobil kembali diperiksa agar kondisinya bisa kembali fit untuk digunakan. Jangan sampai setelah touring ribuan kilometer ada komponen yang aus atau harus diganti segera.

Ivan Februari Andy, Kepala Bengkel Honda Arista Sudirman Pekanbaru mengatakan, berbagai komponen perlu diperiksa setelah mobil berjalan cukup jauh.

"Setelah jalan jauh, kita harus cek ulang kondisi level oli, apakah sama atau tidak," ucap Ivan kepada Kompas.com belum lama ini.

Selain level oli yang ada di mesin, cek juga kondisi air radiator apakah berkurang atau tidak. Jika berkurang atau di bawah batas minimum yang ada di tabung reservoir, segera tambah sampai batas maksimum.

"Ban aki, kampas rem, air radiator dan kondisi filter udara dan AC harus dicek ulang," kata Ivan.

Untuk ban, tentu setelah jalan jauh kedalaman tapak bisa berkurang. Standarnya, ban punya ketebalan 1,6 mm, jadi kalau sudah menyentuh batas atau Tread Wear Indicator (TWI) setelah dipakai road trip, lebih baik diganti.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/30/180100315/pemeriksaan-kendaraan-setelah-road-trip-ribuan-kilometer

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke