Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisakah Beli Remote Keyless Ori di Toko Online?

Kompas.com - 27/11/2022, 11:01 WIB
|

KLATEN, KOMPAS.com - Remote keyless pada mobil bukan sembarang remote yang bisa dengan bebas dipasangkan seperti remote televisi. Jadi, selain remotenya harus sesuai dengan jenis mobil, remote ini sebenarnya hanya dikeluarkan oleh satu produsen saja.

Remote ini hanya dibuat oleh pabrikan mobil tersebut, sebab remote keyless berhubungan erat dengan keamanan suatu mobil.

Namun, remote keyless orisinal banyak dijumpai di toko daring. Baik yang menyediakan toko resminya atau toko sparepart daring lainnya. Lantas, apakah bisa membeli remote keyless yang hilang di toko daring untuk dipasangkan di mobil?

Baca juga: Daya Baterai Remote Keyless Habis, Apa Mesin Masih Bisa Dinyalakan?

Kunci keyless entry ToyotaZulfana K. Rijal Kunci keyless entry Toyota

Foreman Aha Motor Aji Dwi Nugroho mengatakan, membeli remote keyless di toko daring harus memastikan bahwa remote tersebut orisinal karena remote ini tidak bisa sembarangan dipasangkan pada suatu mobil.

“Untuk membeli remote keyless di toko daring bisa saja, karena ada beberapa toko yang menjual barang orisinal termasuk remote keyless, namun perlu mencari toko yang bisa dipercaya,” ucap Aji kepada Kompas.com, Minggu (27/11/2022).

Dia mengatakan selain perlu memastikan keorisinalan remote keyless, pembeli juga perlu tahu bahwa dalam pemasangan remote keyless memerlukan proses yang membutuhkan alat dan cara khusus.

Baca juga: Apa Fungsi Anak Kunci yang Tersembunyi di Dalam Remote Keyless?

Remote Keyless All New Suzuki ErtigaDicky Aditya Wijaya Remote Keyless All New Suzuki Ertiga

“Butuh scan tools yang mampu meregistrasi remote yang dibeli, jadi bila tidak memiliki alat dan kompetensi dalam proses registrasi, sebaiknya tidak membeli remote dar toko online, karena itu akan menjadi hal yang sia-sia,” ucap Aji.

Dia mengatakan perlu melibatkan bengkel yang memang sanggup melakukan registrasi remote keyless.

“Kalau buat pelanggan awam, sebaiknya sih menghindari membeli remote keyless di toko online, karena akan lebih aman pelanggan tinggal terima beres saja, biar pihak bengkel yang membeli remote keyless baik dari bengkel resmi maupun dari toko lain,” ucap Aji.

Baca juga: Apa Bisa Kunci Mobil Tua Diubah Menjadi Sistem Keyless?

Jadi, untuk membeli remote yang hilang dari toko daring sebenarnya bisa saja, hanya diperlukan proses registrasi yang benar dan itu hanya bisa dilakukan oleh bengkel resmi atau spesialis, atau yang kompeten.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.