Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Chery Belum Jual Mobil Listrik di Indonesia

Kompas.com - 26/11/2022, 07:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Chery resmi kembali memasuki pasar Indonesia dengan meluncurkan Tiggo Pro Series beberapa waktu lalu.

Sebelumnya pabrikan asal China ini juga telah mengenalkan beberapa produk unggulannya di ajang pameran Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2022. Salah satu line up yang cukup menarik perhatian pengunjung adalah mobil listrik mini EQ1.

Chery EQ1 menjadi mobil yang cukup laris di negara asalnya, yakni China. Sehingga tak menutup kemungkinan EQ1 bakal mendapat sambutan yang positif di Tanah Air.

Baca juga: Pembeli Innova Zenix, Mereka yang Punya Gaji Rp 30 Jutaan

Terlebih lagi, saingannya Wuling Air ev yang belum lama ini meluncur di Tanah Air cukup laku dipasaran, lantaran memiliki harga yang cukup terjangkau.

Meski begitu, Chery mengaku tak ingin buru-buru menjual mobil listrik di Indonesia.

President Director PT Chery Motor Indonesia (CMI) Shawn Xu mengatakan, saat ini pabrikan roda empat di Indonesia banyak yang menawarkan mobil listrik murni. Namun, Chery tak ingin sekadar mengikuti tren saja.

“Sesuatu yang tergesa-gesa tidak akan berakhir baik. Mobil listrik di Indonesia memang tumbuh sangat cepat, tapi kita masih membutuhkan waktu. Kami tidak ingin terburu-buru, tetapi bukan berarti kami tidak mempersiapkan hal itu,” kata Shawn Xu, saat ditemui Kompas.com di kawasan Pantai Indah Kapuk, belum lama ini.

Menurut Shawn Xu, Chery saat ini sudah memiliki sumber teknologi mobil listrik, namun untuk menuju ke kendaraan listrik murni, pihaknya membutuhkan jembatan penghubung seperti mobil hybrid.

Chery Omoda 5CHERYINTERNATIONAL.com Chery Omoda 5

“Yang pasti untuk saat ini kami ingin membangun brand dulu, dan kami ingin fokus pada produk massal, seperti Tiggo 7 Pro dan 8 Pro,” katanya.

Baca juga: Honda Ingatkan Lagi buat Pemilik Mobil yang Kena Recall

Seperti diketahui Chery memiliki line up mobil listrik di global, diantaranya EQ1 dan Omoda 5 EV. Rencananya Omoda EV akan diperkenalkan tahun depan untuk pasar Indonesia. Namun, untuk EQ1 nampaknya tidak akan masuk Indonesia dalam waktu dekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com