Kompas.com - 25/11/2022, 07:42 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Untuk memenuhi kebutuhan konsumen dalam melakukan pengisian ulang mobil listrik, Honda R&D Europe GmbH bekerjasama dengan Kraftwerke GmbH membuat terobosan signifikan dalam teknologi kendaraan melalui jaringan (Vehicle to Grid/V2G).

Teknologi ini bisa menstabilkan jaringan listrik dalam pengisian daya mobil listrik.

Tom Gardner, Senior Vice President Honda Motor Europe mengatakan, kerjasama dengan Next Kraftwerke memungkinkan Honda memenuhi tuntutan baru khususnya untuk pasar Eropa dan memenuhi komitmennya untuk mengembangkan teknologi yang menciptakan nilai bagi masyarakat.

Baca juga: Bahas Baterai Kijang Innova Zenix Hybrid, Dapat Garansi 8 Tahun

“Pengembangan ini merupakan langkah penting untuk memajukan peran EV dan teknologi pengisian daya dua arah dalam sistem energi berkelanjutan di masa depan,” ucap Tom Gardner, Senior Vice President Honda Motor Europe, dalam keterangan resmi, Kamis (24/11/2022).

Berdasarkan dari hasil kerjasama antara kedua belah pihak, Kraftwerke GmbH juga mengumumkan bahwa Honda telah menjadi produsen mobil pertama di Eropa yang meraih sertifikasi untuk armada kendaraan listrik yang diproduksi secara massal, untuk prequalification of frequency containment reserve (FCR) oleh Ampiron GmbH, November 2022 ini.

kabin Honda e dengan banyak layar dan spion model kameraAzwar Ferdian/Kompas.com kabin Honda e dengan banyak layar dan spion model kamera
Teknologi FCR digunakan untuk stabilisasi jaringan dan juga disebut sebagai cadangan pengaturan primer karena merupakan respons pertama jika terdapat gangguan pada frekuensi.

Teknologi ini bekerja untuk mendeteksi arus jangka pendek pada jaringan listrik, sehingga kemudian secara otomatis akan menyeimbangkan arus tersebut agar stabil.

Pengujian ini menggunakan produk mobil Honda e yang diproduksi secara massal dan sudah memenuhi syarat untuk mendukung stabilitas jaringan melalui penyediaan FCR instan ke Operator Sistem Transmisi (TSO) di mana enam mobil Honda e diisi dengan menggunakan pengisi daya CCS dua arah Honda Power Manager.

Baca juga: Penjualan Suzuki Masih Bersandar kepada New Carry

Hasilnya, Honda mampu memenuhi standar tinggi dalam pengisian daya dengan memastikan frekuensi grid 50Hz yang stabil.

European Honda R&D Center sendiri sudah berdiri sejak tahun 1985 berlokasi di kota Offenbach, Jerman. Saat ini, European Honda R&D Center mempunyai fokus utama pada area teknologi energi terbarukan, mobil, sepeda motor serta pengembangan sistem solusi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.