Komunitas Innova Tanam 2.000 Mangrove di Pantai Indramayu

Kompas.com - 24/11/2022, 16:21 WIB
|


INDRAMAYU, KOMPAS.com - Toyota Innova Owners Club Indonesia (TIOCI) menanam 2.000 mangrove atau tanaman bakau di pantai Tambak Raya (Pataya) Desa Tambak, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu.

Kegiatan ini bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Indramayu dalam rangka memperingati hari Menanam Pohon Indonesia yang jatuh pada 28 November 2022 dan sudah dilakukan pada 19 November 2022.

Baca juga: Wuling Motors Ikut Andil dalam Kesuksesan KTT G20 di Bali, Apa Saja Perannya?

Kegiatan ini digagas Ketua Divisi Ekowisata Nusantara TIOCI, Ayank Yenny Rangkuti sebagai divisi khusus TIOCI dalam bidang Lingkungan Hidup.

Ilustrasi hutan mangrove. Kawasan hutan mangrove sangat penting bagi perlindungan dan sebagai habitat satwa-satwa liar.SHUTTERSTOCK/Kichigin Ilustrasi hutan mangrove. Kawasan hutan mangrove sangat penting bagi perlindungan dan sebagai habitat satwa-satwa liar.

Bupati Indramayu dalam sambutannya yang disampaikan oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Sugeng, menyampaikan bahwa menanam dan memelihara pohon merupakan investasi yang nilainya terus meningkat.

"Adanya gerakan menanam dan memelihara pohon, harus menjadi sikap hidup budaya bangsa. Ekosistem hutan mangrove merupakan salah satu ekosistem yang memiliki peranan penting, hal ini dikarenakan hutan mangrove mampu melakukan adaptasi terhadap lingkungannya," kata dia dalam keterangan resmi, Kamis (24/11/2022).

"Fungsi ekosistem hutan mangrove mencakup fungsi fisik, biologis dan ekonomis, magrove juga berperan penting dalam ekologi laut dan lingkungan pantai, mencegah terjadinya abrasi pantai," kata dia.

Baca juga: Toyota Sematkan Body Kit Modellista pada Innova Zenix

Toyota Innova Owners Club Indonesia (TIOCI) melakukan penanaman 2000 Mangrove yang berlokasi di pantai Tambak Raya (Pataya) Desa Tambak, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu.Foto: TIOCI Toyota Innova Owners Club Indonesia (TIOCI) melakukan penanaman 2000 Mangrove yang berlokasi di pantai Tambak Raya (Pataya) Desa Tambak, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu.

Ketua Umum TIOCI Iwan Setiawan mengatakan, TIOCI ingin berperan dalam menjaga lingkungan serta mengajak komunitas lain bersama-sama melakukan penghijauan kembali baik hutan maupun pesisir pantai.

"Tidak diragukan bahwa pohon bakau memiliki begitu banyak manfaat bagi alam maupun bagi kita sebagai manusia," kata dia.

"Bagi alam manfaat yang diterima begitu banyak seperti ikan-ikan menghabiskan sebagian waktu mereka di hutan bakau, akar bakau dapat menciptakan ekosistem yang cocok bagi hewan-hewan air untuk bertumbuh," ujar Iwan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.