Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komunitas Innova Tanam 2.000 Mangrove di Pantai Indramayu

Kompas.com - 24/11/2022, 16:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


INDRAMAYU, KOMPAS.com - Toyota Innova Owners Club Indonesia (TIOCI) menanam 2.000 mangrove atau tanaman bakau di pantai Tambak Raya (Pataya) Desa Tambak, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu.

Kegiatan ini bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Indramayu dalam rangka memperingati hari Menanam Pohon Indonesia yang jatuh pada 28 November 2022 dan sudah dilakukan pada 19 November 2022.

Baca juga: Wuling Motors Ikut Andil dalam Kesuksesan KTT G20 di Bali, Apa Saja Perannya?

Kegiatan ini digagas Ketua Divisi Ekowisata Nusantara TIOCI, Ayank Yenny Rangkuti sebagai divisi khusus TIOCI dalam bidang Lingkungan Hidup.

Ilustrasi hutan mangrove. Kawasan hutan mangrove sangat penting bagi perlindungan dan sebagai habitat satwa-satwa liar.SHUTTERSTOCK/Kichigin Ilustrasi hutan mangrove. Kawasan hutan mangrove sangat penting bagi perlindungan dan sebagai habitat satwa-satwa liar.

Bupati Indramayu dalam sambutannya yang disampaikan oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Sugeng, menyampaikan bahwa menanam dan memelihara pohon merupakan investasi yang nilainya terus meningkat.

"Adanya gerakan menanam dan memelihara pohon, harus menjadi sikap hidup budaya bangsa. Ekosistem hutan mangrove merupakan salah satu ekosistem yang memiliki peranan penting, hal ini dikarenakan hutan mangrove mampu melakukan adaptasi terhadap lingkungannya," kata dia dalam keterangan resmi, Kamis (24/11/2022).

"Fungsi ekosistem hutan mangrove mencakup fungsi fisik, biologis dan ekonomis, magrove juga berperan penting dalam ekologi laut dan lingkungan pantai, mencegah terjadinya abrasi pantai," kata dia.

Baca juga: Toyota Sematkan Body Kit Modellista pada Innova Zenix

Toyota Innova Owners Club Indonesia (TIOCI) melakukan penanaman 2000 Mangrove yang berlokasi di pantai Tambak Raya (Pataya) Desa Tambak, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu.Foto: TIOCI Toyota Innova Owners Club Indonesia (TIOCI) melakukan penanaman 2000 Mangrove yang berlokasi di pantai Tambak Raya (Pataya) Desa Tambak, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu.

Ketua Umum TIOCI Iwan Setiawan mengatakan, TIOCI ingin berperan dalam menjaga lingkungan serta mengajak komunitas lain bersama-sama melakukan penghijauan kembali baik hutan maupun pesisir pantai.

"Tidak diragukan bahwa pohon bakau memiliki begitu banyak manfaat bagi alam maupun bagi kita sebagai manusia," kata dia.

"Bagi alam manfaat yang diterima begitu banyak seperti ikan-ikan menghabiskan sebagian waktu mereka di hutan bakau, akar bakau dapat menciptakan ekosistem yang cocok bagi hewan-hewan air untuk bertumbuh," ujar Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com