Punya Pabrik Baru, Vespa Mau Produksi Motor Listrik?

Kompas.com - 24/11/2022, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Piaggio Indonesia meresmikan pendirian pabrik baru di Cikarang, Jawa Barat. Pabrik memiliki kapasitas produksi 10.000 unit per tahun dan untuk tahap awal fokus untuk memproduksi merek Vespa.

Menteri Perindustrian Republik Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita mendorong Piaggio Indonesia untuk bergerak ke arah elektrifikasi dan mengatakan sudah ada pembahasan dengan jajaran Vespa.

Baca juga: Chery Luncurkan Tiggo Pro Series, Harga Mulai Rp 368,5 Juta

"Kita sudah diskusi panjang mengenai elektrifikasi dan saya kira Piaggio Grup akan segera mulai, sekarang sudah mulai melakukan persiapan persiapan dan desain," kata Agus yang ditemui di lokasi pabrik, Rabu (23/11/2022).

Pabrik Piaggio Group resmi beroperasi di Indonesia. Pabrik berdiri di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.KOMPAS.com/Gilang Pabrik Piaggio Group resmi beroperasi di Indonesia. Pabrik berdiri di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Meski tidak menjelaskan secara detail, Agus mengatakan setiap pabrikan punya strategi sendiri untuk terjun ke segmen motor listrik.

"Karena elektrifikasi itu kan butuh teknologi, teknologi masih akan berkembang khususnya baterai. Ini akan menjadi strategi tersendiri bagi perusahaan-perusahaan termasuk Piaggio Grup untuk masuk ke elektrifikasi," kata dia.

Baca juga: Realisasi Populasi Kendaraan Listrik di Indonesia Masih Jauh

Kembali pada Juni 2022, Country Head PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega pernah mengatakan, tren motor listrik cukup berkembang dan cukup banyak merek yang sudah bermunculan mulai dari buatan lokal sampai China.

Semuanya mengincar ceruk pasar baru yaitu motor dengan tanpa emisi atau ramah lingkungan. Namun Marco mengatakan, pihaknya tidak ingin terburu-buru memutuskan hal tersebut.

Vespa LX 125 i-get Batik Special EditionKOMPAS.com/Gilang Vespa LX 125 i-get Batik Special Edition

"Kita tidak melakukan sesuatu dengan terburu-buru dan kita melakukan sesuatu dengan benar ketika semua yang dibutuhkan sudah ada," ucap Marco.

Beragam aspek yang dibutuhkan ialah jaringan, produk, serta teknisi dan infrastruktur pendukung. Sebab, kendaraan listrik merupakan suatu hal yang baru sehingga perlu dipikirkan matang-matang.

Namun Marco mengakui industri kendaraan listrik menjadi hal yang menarik. Apalagi sebetulnya Vespa sudah punya motor listrik yaitu Vespa Elettrica yang punya kecepatan 70 km per jam dan jarak tempuh 100 km.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.