Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Punya Pabrik Baru, Vespa Mau Produksi Motor Listrik?

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Piaggio Indonesia meresmikan pendirian pabrik baru di Cikarang, Jawa Barat. Pabrik memiliki kapasitas produksi 10.000 unit per tahun dan untuk tahap awal fokus untuk memproduksi merek Vespa.

Menteri Perindustrian Republik Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita mendorong Piaggio Indonesia untuk bergerak ke arah elektrifikasi dan mengatakan sudah ada pembahasan dengan jajaran Vespa.

"Kita sudah diskusi panjang mengenai elektrifikasi dan saya kira Piaggio Grup akan segera mulai, sekarang sudah mulai melakukan persiapan persiapan dan desain," kata Agus yang ditemui di lokasi pabrik, Rabu (23/11/2022).

Meski tidak menjelaskan secara detail, Agus mengatakan setiap pabrikan punya strategi sendiri untuk terjun ke segmen motor listrik.

"Karena elektrifikasi itu kan butuh teknologi, teknologi masih akan berkembang khususnya baterai. Ini akan menjadi strategi tersendiri bagi perusahaan-perusahaan termasuk Piaggio Grup untuk masuk ke elektrifikasi," kata dia.

Kembali pada Juni 2022, Country Head PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega pernah mengatakan, tren motor listrik cukup berkembang dan cukup banyak merek yang sudah bermunculan mulai dari buatan lokal sampai China.

Semuanya mengincar ceruk pasar baru yaitu motor dengan tanpa emisi atau ramah lingkungan. Namun Marco mengatakan, pihaknya tidak ingin terburu-buru memutuskan hal tersebut.

"Kita tidak melakukan sesuatu dengan terburu-buru dan kita melakukan sesuatu dengan benar ketika semua yang dibutuhkan sudah ada," ucap Marco.

Beragam aspek yang dibutuhkan ialah jaringan, produk, serta teknisi dan infrastruktur pendukung. Sebab, kendaraan listrik merupakan suatu hal yang baru sehingga perlu dipikirkan matang-matang.

Namun Marco mengakui industri kendaraan listrik menjadi hal yang menarik. Apalagi sebetulnya Vespa sudah punya motor listrik yaitu Vespa Elettrica yang punya kecepatan 70 km per jam dan jarak tempuh 100 km.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/24/094200115/punya-pabrik-baru-vespa-mau-produksi-motor-listrik-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke