Kompas.com - 22/11/2022, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebanyakan mobil pikap hanya digunakan untuk mengangkut barang, tanpa memedulikan estetika. Namun, berbeda dengan modifikasi Daihatsu Hi-Max yang dilakukan oleh pria bernama Andreas Wiguna.

Pria yang akrab disapa Andreas awalnya membeli mobil pikap Daihatsu Hi-Max lansiran 2016 ini hanya untuk sekadar bernostalgia saja.

“Jadi papi saya punya nostalgia dengan mobil ini. Dulu pas dia masa muda ke sekolah, pertama kali punya mobil itu pakai mobil pikap. Papi beli Daihatsu Hi-Max ini, karena pertimbangannya mobilnya lucu, kecil, AC-nya dingin dan sudah power steering,” ucap Andreas, kepada Kompas.com, Senin (21/11/2022).

Baca juga: Kelebihan Pakai Kendaraan Listrik, Lebih Ramah di Kantong

Andreas kemudian menghubungi diler Daihatsu untuk membeli unit baru Daihatsu Hi-Max, sayangnya mobil tersebut sudah diskontinu. Akhirnya, ia memutuskan untuk membeli unit bekas dari Yogyakarta.

Modifikasi Daihatsu Hi MaxAndreas Wiguna Modifikasi Daihatsu Hi Max

“Pas pertama kali datang kita lihat mobil ini, kesannya mobil barang banget, catnya sudah jelek, pelek kaleng, jadi mobilnya kurang bagus untuk di taro di garasi. Akhirnya, dari sini saya memutuskan buat modifikasi si Daihatsu Hi-Max ini,” kata pria berusia 22 tahun ini.

Kebanyakan modifikasi mobil pikap dibuat ceper dengan pelek yang besar hingga menggunakan audio system menggelegar. Namun, Andreas justru memiliki selera modifikasi yang berbeda.

Ia memilih modifikasi simpel dengan kiblat tampilan mobil pikap di Jepang. Di mana Andreas mengubah tampilan bak belakang seolah-olah seperti dump truck.

“Jadi di jepangnya itu, daihatsu Hi-Max ini namanya Hijet 660, karena ccnya 660. Kalau di Jepang itu tipenya 4x4, dan ada tipe dump truck. Nah, akhirnya kita memutuskan untuk mengconvert mobil Hi-Max ini menjadi Hijet 660, menggunakan karoseri belakang itu dump truck seperti yang di Jepang,” katanya.

Andreas pun mempercayakan Saluyu Karoseri yang terletak di Bandung untuk membuat custom bak sesuai dengan Daihatsu Hijet 660 seperti yang ada di Jepang.

Modifikasi Daihatsu Hi MaxAndreas Wiguna Modifikasi Daihatsu Hi Max

“Jadi awalnya pengukuran (bak) dahulu, saat proses ini ada kendalanya karena kalau referensi dari internet kan tidak ada ukuran yang jelas untuk dump truk belakang. Akhirnya kita cuma bisa mencocokan dan sesuaikan mobilnya, sampai ketemu dan beres,” kata dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.