Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Dorong Standardisasi Baterai Motor Listrik Jangan Berbeda-beda

Kompas.com - 22/11/2022, 09:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah telah menyiapkan strategi untuk terus meningkatkan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia.

Strategi tahap pertama menyasar penggunaan kendaraan listrik di Kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah. Kedua penggunaan kendaran listrik pada transportasi massal, yakni bus, taksi, dan sepeda motor termasuk ojek online.

Kemudian yang ketiga yaitu memperbanyak fasilitas pengisian daya alias charging station dan tempat penukaran baterai.

Baca juga: Cek Lokasi SIM Keliling Terdekat di Bandung Hari Ini

Tampilan modifikasi konversi motor listrik Honda CB100RIDEAPART.com Tampilan modifikasi konversi motor listrik Honda CB100

“Adanya Inpres mewajibkan bagi kementerian/lembaga untuk melaksanakannya. Yang kami lakukan adalah leasing (menyewa) kendaraan listrik, jadi tidak perlu membeli. Insya Allah ini bisa menjadi kunci bagi kementrian/lembaga lain,” ujar Menhub saat acara “Electric Vehicle – Funday”, akhir pekan lalu.

Soal penyediaan fasilitas pengisian daya atau tempat penukaran baterai, Menhub mengusulkan kepada kementerian dan lembaga terkait untuk melakukan standardisasi pembuatan baterai.

Baca juga: Kelebihan Pakai Kendaraan Listrik, Lebih Ramah di Kantong

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah keuntungan menggunakan kendaraan listrik yang diungkapkan saat menghadiri kegiatan ?Electric Vehicle ? Funday?, di Jakarta, Minggu (20/11/2022).
Foto: Kemenhub Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah keuntungan menggunakan kendaraan listrik yang diungkapkan saat menghadiri kegiatan ?Electric Vehicle ? Funday?, di Jakarta, Minggu (20/11/2022).

Tujuannya agar dapat memudahkan masyarakat untuk melakukan penggantian baterai kendaraannya di mana pun.

Standardisasi baterainya jangan sendiri-sendiri. Mereknya bisa berbeda-beda, tetapi bentuk, ukuran, dan sistemnya sama,” kata Menhub.

Menhub mengatakan, pemerintah telah berkomitmen untuk serius mengembangkan kendaraan listrik sebagai kendaraan masa depan, melalui regulasi dan kebijakan.

Baca juga: Banyak Diburu, Harga Bekas Civic Nouva Masih Mahal

Baterai motor listrik Honda U-GOKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Baterai motor listrik Honda U-GO

Antara lain, yaitu melalui terbitnya Perpres tentang percepatan implementasi kendaraan listrik yang menjadi payung hukum dan Inpres tentang penggunaan kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas pemerintah pusat dan daerah.

Kemenhub juga telah mengeluarkan sejumlah regulasi dan kebijakan untuk mempercepat implementasi penggunaan kendaraan listrik secara masif di Indonesia.

Di antaranya yaitu regulasi terkait uji tipe kendaraan listrik, penggunaan kendaran listrik sebagai kendaraan operasional pemerintah, dan yang terkini yaitu regulasi tentang konversi mobil dan motor menjadi listrik berbasis baterai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com