Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Semarang - Demak Dibuka Fungsional Dua Lajur

Kompas.com - 20/11/2022, 11:48 WIB

SEMARANG,KOMPAS.com - Tol Semarang - Demak dibuka fungsional dua lajur terhitung, Jumat (18/11/2022).  Sesuai jadwal, ruas tol sepanjang 16,31 kilometer tersebut beroperasi sejak pukul 06.00 WIB - 18.00 WIB. 

Ruas tol kedua arah dari Semarang ke Demak dan sebaliknya sudah bisa dilalui kendaraan.  Direktur Utama PT PP Semarang-Demak Siswantono menjelaskan, uji coba fungsional tol sifatnya terbatas. 

 "Full operasional kita buka. Sementara ini masih terbatas khusus jenis kendaraan golongan I, seperti mobil pribadi, microbus, ambulans, dan kendaraan emergency," kata Siswantono kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu. 

Baca juga: Kemenperin Dorong Akses IKM untuk Masuk ke Rantai Pasok Otomotif

Pembukaan fungsional tersebut akan dilaksanakan sampai dengan 2 Desember 2022. Uji coba operasional sebelumnya telah dilakukan mulai 12 November 2022. 

Rencananya, operasional resmi jalan tol Semarang - Demak akan dibuka awal Januari 2023.

"Beberapa proses pengerjaan sarana prasarana pendukung jalan tol masih dikerjakan. Di sekitar exit tol Kadilangu, kita masih menyelesaikan talud-talud, dan marka jalan," ucapnya. 

Sementara ini, selama uji fungsional dua hari terakhir, total ada sekitar 6.500 kendaraan yang tercatat melintas. 

Sebelumnya, saat meninjau uji coba operasional jalan tol Semarang - Demak, beberapa waktu lalu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan, kehadiran tol tersebut diharapkan manfaatnya ganda, di satu sisi jadi solusi permasalahan rob pesisir utara Demak, dan sebaliknya digadang-gadang sebagai alternatif percepatan perekonomian. 

Baca juga: ETLE Mobile di Mobil Patroli Sudah Diterapkan, Simak Lokasinya

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo saat meninjau Tol Semarang-DemakKOMPAS.COM/Dok. Humas Pemprov Jateng Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo saat meninjau Tol Semarang-Demak

"Seluruh desain tata ruang, tanggul dan sebagainya murni karya anak-anak bangsa. Semoga rob teratasi dan diharapkan memperlancar arus ekonomi yang semakin deras. Sampai hari ini belum ada laporan apa-apa, semua berjalan sesuai, tinggal tunggu evaluasi," kata Ganjar. 

Dijadwalkan, uji laik fungsi (ULF) dilakukan selama sebulan, terhitung 19 November. Setelah dinyatakan semua poin lolos, Ganjar berharap, tol Semarang - Demak bisa operasional pada Nataru mendatang. 

Baca juga: PO Legendaris Sumatera Tambah Dua Bus Baru dari Karoseri Laksana

"Semoga semuanya lancar, kita lihat-lihat semua poin tidak ada minus. Ya, Nataru, akan dibuka untuk umum. Gratis dulu, biar sama-sama merasakan manfaat," ucapnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.