Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tol Semarang - Demak Dibuka Fungsional Dua Lajur

SEMARANG,KOMPAS.com - Tol Semarang - Demak dibuka fungsional dua lajur terhitung, Jumat (18/11/2022).  Sesuai jadwal, ruas tol sepanjang 16,31 kilometer tersebut beroperasi sejak pukul 06.00 WIB - 18.00 WIB. 

Ruas tol kedua arah dari Semarang ke Demak dan sebaliknya sudah bisa dilalui kendaraan.  Direktur Utama PT PP Semarang-Demak Siswantono menjelaskan, uji coba fungsional tol sifatnya terbatas. 

 "Full operasional kita buka. Sementara ini masih terbatas khusus jenis kendaraan golongan I, seperti mobil pribadi, microbus, ambulans, dan kendaraan emergency," kata Siswantono kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu. 

Pembukaan fungsional tersebut akan dilaksanakan sampai dengan 2 Desember 2022. Uji coba operasional sebelumnya telah dilakukan mulai 12 November 2022. 

Rencananya, operasional resmi jalan tol Semarang - Demak akan dibuka awal Januari 2023.

"Beberapa proses pengerjaan sarana prasarana pendukung jalan tol masih dikerjakan. Di sekitar exit tol Kadilangu, kita masih menyelesaikan talud-talud, dan marka jalan," ucapnya. 

Sementara ini, selama uji fungsional dua hari terakhir, total ada sekitar 6.500 kendaraan yang tercatat melintas. 

Sebelumnya, saat meninjau uji coba operasional jalan tol Semarang - Demak, beberapa waktu lalu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan, kehadiran tol tersebut diharapkan manfaatnya ganda, di satu sisi jadi solusi permasalahan rob pesisir utara Demak, dan sebaliknya digadang-gadang sebagai alternatif percepatan perekonomian. 

"Seluruh desain tata ruang, tanggul dan sebagainya murni karya anak-anak bangsa. Semoga rob teratasi dan diharapkan memperlancar arus ekonomi yang semakin deras. Sampai hari ini belum ada laporan apa-apa, semua berjalan sesuai, tinggal tunggu evaluasi," kata Ganjar. 

Dijadwalkan, uji laik fungsi (ULF) dilakukan selama sebulan, terhitung 19 November. Setelah dinyatakan semua poin lolos, Ganjar berharap, tol Semarang - Demak bisa operasional pada Nataru mendatang. 

"Semoga semuanya lancar, kita lihat-lihat semua poin tidak ada minus. Ya, Nataru, akan dibuka untuk umum. Gratis dulu, biar sama-sama merasakan manfaat," ucapnya. 

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/20/114841015/tol-semarang-demak-dibuka-fungsional-dua-lajur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke