Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketahui Keunggulan Immobilizer pada Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Immobilizer kerap menjadi fitur yang dibanggakan pada sebuah mobil. Pasalnya, fitur keamanan ini bukan kaleng-kaleng, melainkan memang cukup canggih.

Fitur ini cukup mampu mempersulit maling dalam membobol mobil, karena secara sistem mobil tidak akan bisa dihidupkan bila tidak terdeteksi anak kunci yang sesuai.

Lantas, apa sih sebenarnya immobilizer pada mobil?

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan immobilizer merupakan fitur keamanan mobil agar tidak mudah dibawa kabur maling.

“Immobilizer merupakan fitur keamanan mobil untuk menghindari pencurian, karena immobilizer itu hanya mendeteksi kunci yang sudah didaftarkan ke ECU, bila kunci tidak terdeteksi sebagai mekanikal penggerak kunci kontak maka sistem tidak akan mengijinkan mesin untuk hidup,” ucap Didi kepada Kompas.com, Sabtu (19/11/2022).

Dia mengatakan beberapa immobilizer ada yang menggunakan chip di anak kunci dan ada juga modul sebagai pengolah datanya.

“Chip yang disematkan pada anak kunci tersebut yang akan mengkonfirmasi apakah anak kunci itu yang sudah terdaftar atau bukan, jika terdeteksi bukan anak kunci yang sudah terdaftar maka mesin akan tidak bisa hidup,” ucap Didi.

Dia mengatakan ada pemutusan kelistrikan pada mesin secara otomatis, sehingga mesin tidak akan hidup bila anak kunci yang terdaftar tidak terdeteksi.

“Motor starter bisa saja tidak bisa menyala sama sekali, atau motor starter bisa menyala tapi mesin tidak akan hidup ketika kunci kontak diputar ke posisi start,” ucap Didi.

Dia mengatakan immobilizer cukup bisa diandalkan untuk mencegah pencurian, karena tidak hanya mengandalkan ukiran anak kunci.

“Untuk mobil yang belum dilengkapi immobilizer maka bila kunci kontak terbobol, baik menggunakan anak kunci duplikat atau dipaksa, maka mesin bisa dihidupkan seperti biasa, tapi immobilizer masih ada sistem pengaman tambahan,” ucap Didi.

Jadi, immobilizer merupakan fitur keamanan pada mobil yang bisa memutuskan kelistrikan mesin sehingga tidak akan menyala bila anak kunci yang sudah terdaftar tidak terdeteksi secara sistem.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/19/142100215/ketahui-keunggulan-immobilizer-pada-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke