Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lewat R&D Corner, Daihatsu Edukasi Masyarakat Soal Produksi Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menampilkan R&D Corner sebagai sarana informasi edukatif bagi masyarakat yang singgah di Rest Area Pendopo Km 456, Salatiga, Jawa Tengah.

Kegiatan yang diberi nama Daihatsu Week ini, merupakan upaya mendekatkan diri kepada pelanggan dengan menceritakan proses pengembangan mobilnya, dari tahap awal hingga produksi.

Mark Widjaja, Industrial Design Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, proses pengembangan dilakukan menjadi empat tahap besar, yakni planning, styling, engineering, dan testing.

"Melalui kehadiran R&D Corner di Daihatsu Week at Resta Pendopo KM 456 ini, kami berharap para pengunjung memahami proses pengembangan kendaraan Daihatsu, serta memberikan kebanggaan bagi pelanggan terhadap mobil Daihatsu yang dimiliki sesuai visi R&D ADM, Dari Indonesia Untuk Indonesia," kata Mark dalam keterangan resminya, Sabtu (19/11/2022).

Pada tahapan planning, Daihatsu mengawali dengan melakukan survei pasar, kondisi lingkungan, dan menentukan spesifikasi (jenis dan dimensi kendaraan) yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Setelahnya, dilanjutkan proses styling berupa perwujudan dari hasil analisa pasar melalui pembuatan sketsa gambar. Kemudian clay modeling, dan membuat data visual 3 dimensi untuk menjembatani ke proses selanjutnya.

Berikutnya tahapan engineering, desain mobil yang telah dibuat diwujudkan dengan memenuhi standar yang harus mengakomodir kualitas dan durabilitas yang terbaik pada setiap bagian, serta mewujudkannya dalam bentuk prototipe untuk uji coba.

Proses Testing adalah fase di mana produk harus lulus dan tervalidasi performa, kekuatan, keamanan, dan ketahanannya sesuai kondisi di Indonesia.

Daihatsu memiliki fasilitas R&D Center terlengkap dan terbesar di Indonesia, meliputi Design Center, Engineering Center, serta Test Course dengan 24 macam tipe jalan yang mewakili kondisi jalan di Indonesia seluas 25 Hektare (Ha), yang berlokasi di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang, Jawa Barat.

"Fasilitas R&D Center ini juga merupakan komitmen Daihatsu dalam meningkatkan industri otomotif Tanah Air sekaligus menyiapkan ADM sebagai production base dan product base Daihatsu di Indonesia, serta menjadi aset nasional," ujar Mark.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/19/110200915/lewat-r-d-corner-daihatsu-edukasi-masyarakat-soal-produksi-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke