Jelang Akhir Tahun, Ekspor Mobil dan Komponen Moncer di Oktober 2022

Kompas.com - 16/11/2022, 17:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat aktivitas ekspor kendaraan bermotor roda empat atau lebih dari Indonesia pada Oktober 2022 mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Dibandingkan satu bulan sebelumnya, tercatat pengkapalan mobil buatan dalam negeri (completely built-up/CBU) berhasil mencapai 50.041 unit. Angka ini naik 3,1 persen atau 48.553 unit dari September 2022.

Sementara apabila melihat capaian di periode sama tahun sebelumnya, ekspor bulan lalu berhasil melonjak naik hingga 76,2 persen dari 28.393 unit.

Baca juga: Ketahui Risiko Mobil Hybrid Menerjang Banjir

Ilustrasi ekspor mobil Toyotadok.TMMIN Ilustrasi ekspor mobil Toyota

Kinerja serupa terjadi pada ekspor mobil secara terurai atau completely knocked down (CKD). Selama periode terkait, aktivitas pengkapalan naik 34,1 persen dari satu bulan sebelumnya alias dari 5.759 set unit menjadi 7.720 set unit.

Menariknya, pada Oktober 2022, hanya ada dua pabrikan saja yang melakukan ekspor CKD yaitu Toyota dan Mitsubishi Motors. Sedangkan Suzuki dan Wuling yang biasa melakukan hal serupa, terlihat absen.

Adapun realisasi ekspor yang positif tersebut diperoleh usai adanya peningkatan produksi dan ekspor dari berbagai merek otomotif di dalam negeri seperti Daihatsu, Toyota, Mitsubishi Motors, Suzuki, sampai Hyundai, Isuzu, dan Honda.

Baca juga: Kemenperin Ajak Diaspora Bangun Pabrik Cip di Indonesia

Presiden Joko Widodo saat meninjau proses ekspor mobil ke sejumlah negara lewat Pelabuhan Patimban, Jawa Barat, Selasa (8/3/2022).dok. Agus Suparto Presiden Joko Widodo saat meninjau proses ekspor mobil ke sejumlah negara lewat Pelabuhan Patimban, Jawa Barat, Selasa (8/3/2022).

Pada ekspor mobil secara utuh, Daihatsu dan Toyota masih jadi merek otomotif yang berkontribusi paling besar selama Oktober 2022 dengan masing-masing mencatatkan 18.584 unit dan 12.214 unit.

Sementara untuk ekspor mobil secara terurai, kontributor utamanya ialah Toyota dan Mitsubishi Motors dengan masing-masing mencapai angka 4.270 set unit (naik 218 persen secara bulanan) serta 3.450 set unit (turun 20 persen secara bulanan).

Untuk aktivitas ekspor komponen mobil pada periode yang sama, juga tercatat telah naik 26,5 persen secara bulanan menjadi 14.572.690 pis. Angka ini pun positif 101,1 persen dibandingkan Oktober 2021 dengan 7.245.589 pis.

Lebih jauh, berikut rincian ekspor kendaraan roda empat atau lebih dari Tanah Air pada periode Oktober 2022;

Baca juga: Taksir Daftar Harga LMPV Bekas per November 2022

Ilustrasi ekspor mobil.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Ilustrasi ekspor mobil.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.