Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Didesak Segera Kembangkan RC213V Untuk MotoGP 2023

Kompas.com - 15/11/2022, 08:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap andalan Repsol Honda Marc Marquez telah menguji Honda RC213V 2023 pada sesi tes resmi di Valencia. Namun, The Baby Alien itu mengaku masih belum puas dan perlu dilakukan peningkatan pada motor tersebut.

“Saya selalu berharap lebih, tapi itu tidak ada. (Sekarang) Saya mengharapkan langkah yang lebih besar pada Februari dites Malaysia. Kami membutuhkan lebih banyak jika kami ingin berjuang untuk kejuaraan. Dengan motor yang kami terima di sini, kami tidak akan berjuang untuk kejuaraan,” ucap Marquez, usai melakoni sesi tes di Valencia.

Manajer tim Repsol Honda Alberto Puig menanggapi penilaian blak-blakan Marquez terhadap Honda RC213V 2023. Ia pun membenarkan bahwa RC213V membutuhkan lebih banyak peningkatan.

Baca juga: Marquez Bisa Pindah Kalau Motor Honda Tak Kompetitif

“Kami menemukan sesuatu, tetapi tidak seperti yang kami harapkan. Kami berharap untuk membuat lebih banyak langkah, ini benar,” ucap Puig dikutip dari Crash, Senin (14/11/2022).

Alberto PuigFoto: gpxtra.com Alberto Puig

“Beberapa hal bagus, tetapi secara keseluruhan kami tidak dapat mengatakan bahwa kami menemukan apa yang kami cari, atau harapkan,” lanjutnya.

Tes Valencia juga menandai debut Honda bagi mantan pebalap Suzuki Joan Mir (bergabung dengan Marquez di Repsol Honda) dan pemenang final musim Alex Rins (LCR).

“Tentu saja mereka mengatakan bahwa motornya sangat berbeda (dengan Suzuki). Jadi sekarang saya pikir itu tidak mudah, mereka membutuhkan lebih banyak waktu untuk memahami motornya, dan jika kami bisa mendapatkan apa yang kami cari, itu akan lebih mudah bagi mereka,” kata Puig.

Baca juga: Booming Mobil Listrik Mesti Dimulai dari Ubah Persepsi

Joan Mir saat berlaga pada MotoGP Portugal 2022. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)PATRICIA DE MELO MOREIRA Joan Mir saat berlaga pada MotoGP Portugal 2022. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)

“Targetnya adalah meningkatkan keseluruhan motor secara keseluruhan. Anda tidak bisa mengatakan 'hanya ini atau itu'. Anda harus menemukan keseimbangan karena (perilaku) sasis terkait dengan tenaga, penanganan ke aero, dll,” ucap Puig, menambahkan.

Sebagai informasi, saat tes Valencia Marquez tercatat hanya melakukan 50 lap. Rider berusia 29 tahun itu ada di posisi ke-13. Sedangkan rekan setimnya yang baru, Joan Mir ada di posisi ke-18, dan Alex Rins di urutan ke 20.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com