Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut 14 Kendaraan yang Bebas Ganjil Genap Selama KTT G20 di Bali

Kompas.com - 14/11/2022, 08:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, Kementerian Perhubungan melaksanakan sistem ganjil genap di sejumlah ruas jalan.

Aturan yang membatasi mobilitas kendaraan penumpang ini akan berlangsung dari 11-17 November 2022. Selain itu, sistem ganjil genap akan berlaku mulai pukul 06.00 Wita sampai 22.00 Wita.

Secara umum, aturan dari ganjil genap berarti kendaraan bermotor dengan pelat ganjil cuma bisa melalui pada tanggal ganjil, begitu juga sebaliknya. Namun, ada beberapa kendaraan yang tetap bisa melintas.

Baca juga: Presiden China Xi Jinping Pakai Limosin Hongqi N701 buat KTT G20

Mobil Battery EV Toyota bZ4X Ramaikan Pameran Kendaran Elektrifikasi di Nusa Dua Balidok.TAM Mobil Battery EV Toyota bZ4X Ramaikan Pameran Kendaran Elektrifikasi di Nusa Dua Bali

Mengenai kendaraan apa saja yang bisa melintas, Kementerian Perhubungan sudah membuat Surat Edaran No. SE-DRJD 3 Tahun 2022 tentang Pengaturan Lalu Lintas Selama Penyelengaraan Konferensi Tingkat Tinggi G20 Tahun 2022 Bali.

Pada surat tersebut, berikut ini 14 kendaraan yang tetap bisa melintas di area ganjil genap selama KTT G20 di Bali berlangsung:

1. Presiden dan Wakil Presiden
2. Pimpinan Lembaga Negara RI: Ketua MPR, DPR, DPD, Ketua Mahkamah Agung, Ketua Mahkamah Konstitusi, dan Ketua Komisi Yudisial
3. Gubernur Bank Indonesia
4. Menteri dan Pimpinan Lembaga Pemerintah Non Kementerian
5. Pimpinan dan pejabat Negara asing serta tamu negara
6. Dinas TNKB berwarna dasar merah, nomor dinas TNI/Polri
7. Pemadam kebakaran
8. Ambulans
9. Angkutan umum TNKB berwarna dasar kuning
10. Berstiker yang diterbitkan oleh panitia KTT G20
11. Mobil derek
12. Kendaraan listrik berbasis baterai
13. Kendaraan penyandang Disabilitas
14. Untuk kepentingan tertentu, meliputi; kendaraan BI dan Bank lainnya, kendaraan pengisian ATM (dengan pengawasan dari kepolisian).

Baca juga: Ini yang Bisa Bikin Aki Mobil Tekor dalam Waktu Semalam


Selain ada pembatasan kendaraan dengan sistem ganjil genap, operasional angkutan barang juga dibatasi. Pembatasan ini meliputi kendaraan dengan jumlah berat lebih dari 8 ton, mobil barang dengan 3 sumbu atau lebih, kereta tempelan, pengangkut bahan galian, pengangkut bahan tambang, serta pengangkut bahan bangunan.

Adapun kendaraan besar yang dikecualikan ialah kendaraan pengangkut bahan bakar minyak (BBM) atau gas, barang ekspor dan impor, air minum dalam kemasan, ternak, pupuk, hantaran pos dan uang, kebutuhan logistik KTT G20, serta barang pokok.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.