Ulas Spesifikasi Ducati Panigale V4 R, Motor Juara Dunia WSBK 2022

Kompas.com - 14/11/2022, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Alvaro Bautista telah mengunci gelar juara dunia di WSBK 2022 dengan total capaian 553 poin di Sirkuit Mandalika. Dengan kemenangan ini poin Bautista sudah tak terkejar lagi.

Meski masih ada satu seri balap yang tersisa pada musim akhir WSBK 2022, yakni di Sirkuit Phillip Island, Australia.

Tercatat, Bautista unggul 66 poin dari Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha with Brixx) di tempat kedua dengan 487 poin, dan unggul 103 poin dari Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team) di tempat tiga yang punya 450 poin.

Baca juga: Benarkah Ngecas HP di Motor Bikin Aki Tekor

Pembalap asal Spanyol Alvaro Bautista bersama tim Ducati foto bersama seusai juara dunia World Superbike 2022 lebih awal di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (13/11/2022) siang.KOMPAS.COM/SUCI RAHAYU Pembalap asal Spanyol Alvaro Bautista bersama tim Ducati foto bersama seusai juara dunia World Superbike 2022 lebih awal di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (13/11/2022) siang.

Bautista pun berhasil meraih gelar juara dunia WSBK bagi Ducati pada seri balap tahun ini. Tercatat, kali terakhir Ducati meraih gelar juara dunia WSBK pada tahun 2011 lalu melalui rider asal Spanyol, Carlos Checa.

Setelah 10 tahun, akhirnya pabrikan Italia ini juara WSBK lagi. Seperti halnya di MotoGP, di mana Ducati terakhir juara pada 2007.

Artinya, Bautista berhasil membuktikan keandalan Ducati Panigale V4 R yang bisa bersaing dengan Yamaha YZF-R1 dan Kawasaki Ninja ZX-10RR.

Baca juga: Ini Satu-satunya Tol yang Boleh Dilewati Sepeda Motor

Untuk diketahui, Ducati Panigale V4 R dibekali mesin 955 cc, Desmodromic, 4 valves per cylinder, 4-stroke L-twin 90°, dengan diameter x langkah 100 mm x 60,8 mm, dan sistem pendingin cairan.

Mesin itu bisa menghasilkan tenaga maksimal 240,5 Tk pada 16.500 rpm. Kecepatan maksimum yang bisa diraih adalah 270 kpj. Motor ini memakai transmisi manual 6-percepatan.

Pada sistem pengereman, Ducati membekali V4 R dengan rem depan Brembo radial Kalipers, berukuran 320 mm semi-floating discs, serta sistem pengereman belakang radial Kaliper, dengan ukuran one 245 mm.

Baca juga: Ini yang Dirasakan Pengendara Bila As Roda Mobil Bermasalah

Ducati Panigale V4 2023Foto: Greatbiker Ducati Panigale V4 2023

Adapun profil ban yang dipakai, depan Pirelli Diablo Rosso Corsa II 120/70-R17 dan belakang Pirelli Diablo Rosso Corsa II 180/60-R17. Sementara urusan suspensi, pakai ukuran 43 mm Showa upside-down fork, dan single-side aluminium swingarm with Sachs shock absorber.

Terakhir soal dimensi, Ducati Panigale V4 R memiliki panjang keseluruhan 2.090 mm, lebar 760 mm, dan jarak sumbu roda 1.436 mm. Motor ini menggunakan rangka tipe monokok dengan material aluminium yang ringan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.