Kompas.com - 10/11/2022, 11:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Pamor mobil listrik terus berkembang di Indonesia. Bahkan, kini telah ada beragam pilihan merek dan juga jenis mobil listrik.

Namun, masih ada beberapa hambatan dari tren mobil listrik di Indonesia. Mulai dari harga yang masih cukup tinggi, infrastruktur pendukung terbatas, hingga perawatan, yang jadi pertimbangan banyak orang untuk beralih menggunakan mobil bertenaga baterai ini.

Lantaran ini merupakan teknologi baru bagi Tanah Air, pasar masih mempertanyakan perihal perawatan mobil listrik yang baik dan benar.

Baca juga: Daftar PO Bus AKAP yang Punya Armada Bus Tingkat


Jika sampai salah dalam merawat, tidak sedikit yang cemas jika mobil listriknya mengalami kerusakan sehingga harus mengeluarkan dana besar untuk perbaikan.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, perlakuan mobil listrik mudah karena sama seperti mobil konvensional atau mobil bertenaga BBM.

“Tips merawat mobil listrik sama dengan mobil konvensional, yaitu melakukan perawatan berkala,” kata Didi kepada Kompas.com, Rabu (9/11/2022).

Didi menyebutkan, anjuran untuk melakukan perawatan berkala mobil listrik sebaiknya mengikuti prosedur buku servis. Hal tersebut agar mobil mendapatkan kebutuhannya dengan porsi yang tepat.

Mobil listrik mewah BMW i7 yang akan diluncurkan di Indonesia 2023 dengan banderol kisaran Rp 3 miliarBMW Mobil listrik mewah BMW i7 yang akan diluncurkan di Indonesia 2023 dengan banderol kisaran Rp 3 miliar

Secara garis besar, perawatan mobil listrik serupa mobil BBM mulai dari pemeriksaan sistem pendingin, diagnostik, air pendingin, oil reduction gear, kondisi baterai, jalur selang rem, pedal rem, dan rem parkir.

Kemudian ada pula perawatan khusus meliputi minyak rem, disc brake dan brake pad, steering gear rack, driveshaft, ban, ball joints suspense depan, baut dan mur di sasis, cairan refrigerator AC, kompresor AC, filter udara AC, serta ERA-GlONASS system baterai (opsional atau sesuai kebutuhan). 

Baca juga: Lihat Prototipe Mobil Listrik Porsche, Mirip Cayman dan Boxter

Sementara itu, perawatan umum di rumah yaitu mencuci mobil listrik masih menjadi hal yang menantang bagi banyak orang.

Maka dari itu, Didi menyarankan agar pada saat mencuci mobil listrik harus lebih hati-hati, terutama pada area yang dekat dengan mesin.

“Untuk cuci mobil listrik yang aman untuk bodi kendaraan saja bukan area mesin,” kata Didi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.