Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Calon Pesaing Forza dan XMAX, Kapan Kawasaki J300 Meluncur?

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) saat ini mungkin lebih fokus dengan motor sport dan motor trail maupun adventure. Padahal di Eropa dan beberapa negara Asia, ada skutik gambot Kawasaki J300.

Motor ini punya desain agresif dengan lekuk bodi yang tajam. Tampilan depan bahkan mirip dengan motor sport Kawasaki, Ninja 250R, namun dengan visor bening yang tinggi.

Bila meluncur di Indonesia, Kawasaki J300 alias Ninja versi matik ini bakal jadi lawan sepadan buat Honda Forza maupun Yamaha XMAX di kelas skutik 250 cc.

Terlebih lagi, skutik merupakan segmen motor dengan penjualan terbanyak di Indonesia. Dilansir dari data AISI (10/11/2022), motor skutik masih mendominasi penjualan pada Oktober 2022 sebanyak 87,75 persen.

Sedangkan motor bebek atau underbone berkontribusi sebesar 6,46 persen. Dan motor sport sekitar 5,79 persen.

Meski begitu, Head Sales & Promotion PT KMI Michael C. Tanadhi, mengatakan, pihaknya belum ada rencana meluncurkan motor di segmen skutik.

“Kita enggak, belum ada rencana satu hingga dua tahun mendatang, belum ada (rencana matik Kawasaki),” ujar Michael di Jakarta (7/11/2022).

“Kita memang Kawasaki Indonesia, policy-nya kita ada di segmen sport,” kata dia.

Untuk diketahui, Kawasaki J300 dibekali Mesin 299 cc SOHC 4 valve. Mesin ini diklaim mampu menghasilkan tenaga sekitar 27 Tk pada 8.000 rpm dan torsi 29,4 Nm pada 6.500 rpm.

Beralih ke kaki-kakinya, J300 dibekali dengan suspensi depan model teleskopik dengan diameter 37 mm, serta suspensi belakang ganda dengan lima tingkat penyetelan.

Di bagian pengereman, baik depan dan belakang sudah menggunakan rem cakram. Cakram depan berdiameter 260 mm dan cakram belakang diameternya 240 mm, serta dilengkapi juga dengan teknologi Anti-lock Braking System (ABS).

Ban depan dan ban belakangnya menggunakan ukuran yang berbeda. Ban depan menggunakan ring 14 inci, sementara ban belakang menggunakan ring 13 inci.

Soal fitur, J125 dibekali dengan panel instrumen gabungan digital dan analog. Layar LCD di tengah diapit panel instrumen analog spidometer dan takometer.

Layar LCD tersebut menampilkan beragam informasi, seperti odometer, dual trip meter, service mode, jam, fuel meter, temperatur, dan engine warning symbol.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/10/144100715/calon-pesaing-forza-dan-xmax-kapan-kawasaki-j300-meluncur-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke