Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dua PO yang Menggunakan Bus Tingkat di Sumatera

JAKARTA, KOMPAS.com - Populasi bus tingkat di Indonesia terus bertambah saat ini. Paling ramai yang menggunakan double decker alias bus tingkat sebagai andalan operasional  adalah Perusahaan Otobus (PO) yang ada di Pulau Jawa.

Walau begitu, ternyata PO pertama yang menggunakan bus tingkat sebenarnya ada di Pulau Sumatera, yakni Sempati Star. PO asal Medan, Sumatera Utara ini, sudah memakai bus tingkat dari 2015, tepatnya bodi Jetbus 2 SDD buatan Karoseri Adiputro.

Selain PO Sempati Star, ada satu operator bus lainnya yang menggunakan bus tingkat sebagai armadanya. PO tersebut merupakan Pelita Paradep yang juga punya markas di Medan, Sumatera Utara.

Kembali bahas PO Sempati Star, bus tingkat pertamanya adalah unit yang dipamerkan Adiputro di GIIAS 2015. Setelah pameran, bus langsung dibawa untuk beroperasi di lintas Medan-Aceh.

Seiring berjalannya waktu, Sempati Star kembali tambah bus tingkat. Tampak ada dua bus tingkat dengan bodi Jetbus 2 SDD yang melayani trayek Medan-Pekanbaru dan Medan-Jakarta.

Selain itu, pada akhir 2021, Sempati Star tambah lagi satu bus baru dengan bodi Jetbus 3+ SDD untuk melayani rute Medan-Pekanbaru. Uniknya, bus yang dimiliki menggunakan bangku nyaman dan ada sleeper di kabin bawah.

Kemudian untuk PO Pelita Paradep, berdasarkan informasi yang redaksi terima, ada dua bus tingkat yang digunakan. Pertama bus dengan bodi Jetliner Double Decker buatan Karoseri Rahayu Santosa dengan kelir hijau.

Sedangkan satu lagi, memakai bodi buatan Karoseri Nusantara Gemilang Conqueror. Kedua bus tampaknya beroperasi di rute Medan-Siantar, namun memang sudah mulai jarang digunakan untuk unit bus tingkat ini.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/10/074200515/dua-po-yang-menggunakan-bus-tingkat-di-sumatera

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke