Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Iseng, Coakan di Bawah Rangka Mobil Punya Fungsi Penting

Kompas.com - 05/11/2022, 12:42 WIB

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Jika Anda mengamati, di bagian bawah mobil tepatnya pada bagian rangka ada sejenis coakkan. Siapa sangka, itu bukan coakan asal-asalan melainkan tanda khusus untuk keamanan.

Coakan tersebut ada di empat titik; dua di kiri dan dua di kanan. Lebih tepatnya lagi, coakan tersebut mendekati area roda pada sisi dalam.

Lantas, apa fungsi coakan tersebut?

Baca juga: Jangan Salah, Begini Teknik Pakai Dongkrak Mobil yang Benar

lifting point merupakan titik setimbang kendaraanKompas.com/Erwin Setiawan lifting point merupakan titik setimbang kendaraan

Foreman Nissan Bintaro Mukti Aji, mengatakan coakan yang ada di samping bawah rangka mobil adalah penanda di mana titik setimbang bila mobil diangkat menggunakan lift.

“Coakan tersebut biasa disebut dengan lifting point, titik yang sengaja dibuat tanda agar pemilik mobil khususnya mekanik bisa mengetahui titik stimbang mobil ketika diangkat menggunakan lift,” ucap Mukti kepada Kompas.com, Sabtu (5/11/2022).

Dia mengatakan dengan meletakkan kaki lift pada lifting point tersebut mobil tetap stabil meski diangkat pada ketinggian tertentu.

Baca juga: Ini yang Terjadi Kalau Salah Titik Tumpu Dongkrak Mobil

Dongkrak mobil.Kompas.com/Fathan Radityasani Dongkrak mobil.

“Jadi, wajar saja bila bagian coakan tersebut dibikin dengan bahan yang lebih kokoh, karena diharapkan pemilik mobil atau mekanik menggunakan coakan tersebut sebagaimana dengan fungsinya,” ucap Mukti.

Dia juga mengatakan memasang kaki lift pada titik lain, atau pada titik yang kurang pas dengan lifting point akan membuat mobil mudah tidak stabil ketika diangkat. Hal itu tentu saja membahayakan.

“Kalau dipasang tidak pas dengan lifting point, mobil akan cenderung mudah tidak stabil, karena beban mobil tidak terbagi dengan rata antara depan dan belakang,” ucap Mukti.

Baca juga: Begini Cara Dongkrak Mobil yang Benar

Dia juga mengatakan dampak lainnya, bila pemasangan kaki lift tidak sesuai pada lifting point.

“Selain itu, area lain yang bukan dikhususkan untuk titik stimbang, materialnya tidak terjamin kokoh, jadi bisa saja bikin penyok bentuk rangka,” ucap Mukti.

Jadi, pembuatan coakan pada bawah rangka tersebut bukan tanpa sebab, melainkan menjadi tanda titik tengah kendaraan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.