Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marc Marquez Tes Bahan Bakar Biofuel Untuk MotoGP 2024

Kompas.com - 04/11/2022, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Demi membuat ajang balap menjadi lebih ramah lingkungan, MotoGP akan menggunakan biofuel mulai musim 2024. Marc Marquez pun dijadwalkan untuk mengujinya.

Pada MotoGP 2024, semua kelas yang diperlombakan, mulai Moto3, Moto2, hingga MotoGP, akan menggunakan biofuel. Bahan bakar tersebut harus mengandung material non-fosil sebesar 40 persen.

Baca juga: Marquez Yakin Sirkuit Valencia Lebih Bersahabat Dengan RC213V

Pada Mei 2021, sudah diadakan negosiasi antara FIM, IRTA, MSMA, Dorna Sports, yang sepakat bahwa balapan harus lebih lebih ramah terhadap lingkungan dan berkelanjutan di masa depan.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2022. Marc Marquez kembali balapan pada MotoGP Aragon 2022 yang  digelar di Sirkuit MotorLand Aragon pada 16-18 September 2022. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)AFP/JAVIER SORIANO Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2022. Marc Marquez kembali balapan pada MotoGP Aragon 2022 yang digelar di Sirkuit MotorLand Aragon pada 16-18 September 2022. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)

Bukan motor listrik jawabannya, melainkan menggunakan bahan bakar non-fosil alias biofuel. Pada 2027, diharapkan motor MotoGP sudah menggunakan 100 persen biofuel.

Bahan bakar ini didesain untuk mesin pembakaran internal, yang pengembangannya bisa dilakukan di laboratorium atau berasal dari limbah atau biomassa non-makanan, dengan penghematan yang signifikan dalam emisi gas rumah kaca dibandingkan dengan bahan bakar fosil.

Baca juga: Wejangan Marquez buat Pecco dan Quartararo di GP Valencia 2022

Beberapa waktu lalu, Honda resmi memperpanjang kerja sama dengan Repsol. Produsen pelumas asal Spanyol tersebut tetap menjadi sponsor utama hingga akhir 2024.

Aksi pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, ketika mengikuti Kualifikasi MotoGP Amerika 2022 yang dihelat di Circuit of The Americas (COTA) pada Minggu (10/4/2022) dini hari WIB.AFP/ MIRCO LAZZARI GP Aksi pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, ketika mengikuti Kualifikasi MotoGP Amerika 2022 yang dihelat di Circuit of The Americas (COTA) pada Minggu (10/4/2022) dini hari WIB.

Repsol bekerja untuk memastikan bahwa biofuel berorientasi masa depan dibuat dari minyak nabati berkelanjutan, biomassa, residu pertanian dan kehutanan atau minyak goreng bekas, dan lainnya.

Dikutip dari Speedweek.com, Jumat (4/11/2022), pada pertengahan pertama 2023, Repsol akan mulai memproduksi biofuel pertamanya di pabrik yang bertempat di Cartagena. Repsol akan memproduksi 250.000 ton biofuel dari limbah.

Repsol Honda Team sudah mengumumkan akan melakukan pengetesan menggunakan biofuel bersama Marc Marquez di Circuito del Jarama pada 10 November 2022. Marquez akan menggunakan RC213V-S dan selanjutnya terus dilibatkan dalam pengembangan tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.