Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lorenzo Sebut Pebalap Zaman Now Kurang Berkarakter

Kompas.com - 02/11/2022, 12:31 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Legenda MotoGP Jorge Lorenzo mengatakan MotoGP saat ini kurang "greget" sebab tidak ada tokoh sentral alias pebalap yang punya sosok besar seperti di zamannya.

Seperti diketahui dalam tiga atau empat tahun terakhir telah terjadi perubahan generasi besar di MotoGP. Masa keemasan Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo, Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso sudah berganti.

Baca juga: Mengenal Ragam Pelat Nomor Khusus RF dan Peruntukannya

Jorge Lorenzo akan mengikuti balap mobil menggunakan PorscheDok. @jorgelorenzo99 Jorge Lorenzo akan mengikuti balap mobil menggunakan Porsche

Pebalap baru telah mengambil alih ditandai dengan Fabio Quartararo, Francesco Bagnaia, Joan Mir, Enea Bastianini, Jorge Martin dan beberapa nama lain. Hanya Marc Marquez dan Aleix Espargaro yang masih bersinggungan dengan generasi tua.

Lorenzo, juara dunia MotoGP tiga kali itu mengatakan, semua pebalap dan pabrikan motor saat ini sangat kompetitif tapi khusus pebalap tidak ada yang menonjol.

"Ini sangat kompetitif. Kecuali Honda, semua sepeda motor telah memenangkan balapan. Banyak pebalap yang bertarung di depan, tetapi tidak memiliki pemimpin yang jelas yang menang dengan otoritas," kata dia mengutip Motorsport-Total.com, Rabu (2/11/2022).

Baca juga: Mulai Rp 112 Jutaan, Cek Daftar Harga LCGC November 2022

Perayaan Jorge Lorenzo di Jerez, Spanyol pada tahun 2010..Foto: Tuttomotoriweb.it/ Getty Images Perayaan Jorge Lorenzo di Jerez, Spanyol pada tahun 2010..

"Ini adalah faktor yang memberi arti penting bagi kejuaraan. Ada juga kekurangan penggemar (fans) yang berdiri di belakang pebalap (di tribun). Kamu belum terbiasa dengan mereka," kata dia.

Selain itu Lorenzo juga mengkritisi kurangnya aksi salip-salipan di MotoGP. Motor tambah kencang, perangkat aerodinamika juga makin biasa dipakai tapi aksi pebalap justru berkurang.

"Aerodinamika juga memainkan peran besar, karena mencegah manuver menyalip. Karakternya hilang begitu saja. Pebalap saat ini tidak memiliki karakter seperti empat atau lima pebalap yang kami miliki saat itu," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.