Kompas.com - 02/11/2022, 06:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil murah ramah lingkungan alias low cost green car (LCGC), tak lagi mendapat relaksasi PPnBM sejak Oktober 2022.

Otomatis membuat harganya terkerek signifikan. Dari tiga merek yang masih memasarkan LCGC, semuanya juga sudah menetapkan banderol baru.

Sementara memasuki November ini, harga LCGC terpantau masih stabil. Tak ada kenaikan yang dilakukan Toyota, Daihatsu, dan Honda.

Baca juga: Tanpa PPnBM, Masih Ada Pilihan LCGC di Bawah Rp 150 Juta

Bagi yang sedang mencari LCGC, sampai saat ini pilihan yang paling terjangkau atau murah, masih berasal dari produk Daihatsu.

Ayla 1.000 cc D dengan transmisi manual, menjadi produk LCGC dengan harga paling terjangkau. Daihatsu menjualnya sebesar Rp 112,8 juta on the road Jakarta. 

Bagian depan daihatsu Ayla 1.0 D Janlika Putri/ kompas.com Bagian depan daihatsu Ayla 1.0 D

Sementara Toyota Agya, harga terendahnya dipasarkan dari Rp 159,7 juta. Banderol tersebut juga diterapkan Honda untuk Brio Satya tipe S manual.

Untuk varian tertinggi, yakni Brio Satya E CVT, sampai saat ini masih menjadi LCGC paling mahal yang dijual sebesar Rp 188 juta OTR Jakarta.

Baca juga: Harga Dexlite dan Pertamina Dex Naik, Pertamax Turbo Turun

Honda Brio Satya di booth Honda pada ajang GIIAS 2021.KOMPAS.com/GILANG SATRIA Honda Brio Satya di booth Honda pada ajang GIIAS 2021.

Lebih lengkapnya, berikut daftar harga LCGC pada November 2022 :

Honda

Brio Satya S MT Rp 157.900.000
Brio Satya E MT Rp 171.600.000
Brio Satya E CVT Rp 188.000.000

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.