Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segini Biaya Bikin SIM BI dan BII per November 2022

Kompas.com - 01/11/2022, 11:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Anda yang ingin mengemudikan kendaraan besar seperti truk dan bus di jalan raya, butuh Surat Izin Mengemudi (SIM) khusus sebagai syarat legalitas.

Berbeda dengan mobil yang menggunakan SIM A, mengemudi kendaraan niaga memakai SIM BI dan BII yang khusus diperuntukkan buat kendaraan besar.

Berdasarkan Pasal 80 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), SIM BI dan SIM BII dibedakan berdasarkan jumlah berat yang diperbolehkan dan kereta tempelan.

Baca juga: Harga Motor Bebek November 2022, Suzuki Satria Naik

Misal untuk SIM BI dan BI Umum berlaku untuk pengemudi yang mengemudikan mobil penumpang dan barang perseorangan atau umum, dengan jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari 3.500 kg.

Sedangkan SIM BII dan SIM BII umum berlaku untuk mengemudikan kendaraan alat berat, kendaraan penarik, atau kendaraan bermotor lebih dari 3.500 kg, dengan menarik kereta tempelan atau gandengan yang diperbolehkan, yaitu lebih dari 1 ton.

Berkendara di belakang kendaraan besar di jalan tolWendellandCarolyn Berkendara di belakang kendaraan besar di jalan tol

Kemudian, untuk biayanya, mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016, tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) tarif penerbitan SIM BI dan SIM BII adalah Rp 120.000.

Adapun untuk mengajukan SIM BI maupun BII tidak semudah SIM A atau C. Contoh, syarat usia pemohon bisa mengajukan SIM BI minimal berusia 20 tahun, sedangkan SIM BII minimal berusia 21 tahun.

Baca juga: Harga Motor Bebek November 2022, Suzuki Satria Naik

Selain syarat usia, berikut ini syarat untuk pembuatan SIM BI dan SIM BII:
-Untuk dapat memiliki SIM BI, pemohon harus memiliki SIM A atau SIM A Umum dan telah digunakan selama 12 bulan sejak SIM A tersebut diterbitkan.
-Untuk dapat memiliki SIM BI Umum, pemohon harus memiliki SIM A Umum atau SIM BI dan telah digunakan selama 12 bulan sejak SIM A Umum dan BI tersebut diterbitkan.
-Untuk dapat memiliki SIM BII Umum, pemohon harus memiliki SIM BI dan telah digunakan selama 12 bulan sejak SIM BI tersebut diterbitkan.
-Untuk dapat memiliki SIM BII Umum, pemohon harus memiliki SIM BI Umum atau SIM BII dan telah digunakan selama 12 bulan sejak SIM BI Umum atau BII tersebut diterbitkan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.