Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lihat 10 Sasis Bus Milik PO SAN Diantar ke Karoseri

Kompas.com - 31/10/2022, 17:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PO Siliwangi Antar Nusa (SAN) tampak terus memperbarui armadanya belakangan ini. Seperti terakhir di Busworld, PO SAN mengambil satu unit Jetbus SHD dari Karoseri Adiputro.

Melalui akun Instagram Kurnia Lesani Adnan, Direktur Utama PO SAN, terlihat ada 10 sasis bus yang dikawal oleh Patwal. Semua sasis tadi sedang berjalan di jalan tol menuju karoseri pembuat bodi bus.

Peristiwa sasis bus diantar langsung dari diler ke karoseri memang pemandangan yang umum di Indonesia. Mengingat di sini, untuk membuat bus harus melewati dua tahap, beli sasis dahulu, baru dibuat bodinya di karoseri.

Baca juga: Intip Sasis Bus Unik Milik PO Rimba Raya, Scania K310iB Tronton

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kurnia Lesani Adnan (@kla_206_)

 

Seperti biasa, pengemudi yang membawa sasis tadi ke karoseri memakai pakaian yang aman, seperti jaket dan helm. Helm wajib digunakan ketika menyetir sasis karena masih belum ada rumah (bodi) kendaraannya.

Sani, sapaan akrab Kurnia Lesani Adnan mengatakan, 10 sasis bus tadi merupakan model Mercedes Benz OH 1526. Sasis tersebut akan dibawa ke Karoseri Laksana dan Adiputro.

"Chasis empat unit dikirim ke karoseri Laksana dan enam unit ke Karoseri Adiputro Wirasejati," ucap Sani kepada Kompas.com, Senin (31/10/2022).

Baca juga: Benarkah Tak Boleh Langsung Matikan Mesin Diesel Setelah Berhenti?


Sasis OH 1526 memang jadi andalan beberapa perusahaan otobus, salah satunya PO SAN. Sasis ini masih menggunakan ladder frame, ditambah suspensinya juga yang masih menggunakan per dain.

Diperkirakan, untuk bodi yang dibawa ke Karoseri Laksana akan dipasang dengan bodi Legacy SR3 terbaru. Mungkin saja varian Panorama atau single glass akan diterapkan pada bus PO SAN ini.

Sedangkan di Adiputro, sasis OH 1526 cocok untuk bodi Jetbus HDD atau MHD. Varian single glass juga bisa saja dipilih PO SAN, mengingat dari beberapa bus baru PO SAN, sudah tidak memakai double glass.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com