Kompas.com - 31/10/2022, 17:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PO Siliwangi Antar Nusa (SAN) tampak terus memperbarui armadanya belakangan ini. Seperti terakhir di Busworld, PO SAN mengambil satu unit Jetbus SHD dari Karoseri Adiputro.

Melalui akun Instagram Kurnia Lesani Adnan, Direktur Utama PO SAN, terlihat ada 10 sasis bus yang dikawal oleh Patwal. Semua sasis tadi sedang berjalan di jalan tol menuju karoseri pembuat bodi bus.

Peristiwa sasis bus diantar langsung dari diler ke karoseri memang pemandangan yang umum di Indonesia. Mengingat di sini, untuk membuat bus harus melewati dua tahap, beli sasis dahulu, baru dibuat bodinya di karoseri.

Baca juga: Intip Sasis Bus Unik Milik PO Rimba Raya, Scania K310iB Tronton

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kurnia Lesani Adnan (@kla_206_)

 

Seperti biasa, pengemudi yang membawa sasis tadi ke karoseri memakai pakaian yang aman, seperti jaket dan helm. Helm wajib digunakan ketika menyetir sasis karena masih belum ada rumah (bodi) kendaraannya.

Sani, sapaan akrab Kurnia Lesani Adnan mengatakan, 10 sasis bus tadi merupakan model Mercedes Benz OH 1526. Sasis tersebut akan dibawa ke Karoseri Laksana dan Adiputro.

"Chasis empat unit dikirim ke karoseri Laksana dan enam unit ke Karoseri Adiputro Wirasejati," ucap Sani kepada Kompas.com, Senin (31/10/2022).

Baca juga: Benarkah Tak Boleh Langsung Matikan Mesin Diesel Setelah Berhenti?


Sasis OH 1526 memang jadi andalan beberapa perusahaan otobus, salah satunya PO SAN. Sasis ini masih menggunakan ladder frame, ditambah suspensinya juga yang masih menggunakan per dain.

Diperkirakan, untuk bodi yang dibawa ke Karoseri Laksana akan dipasang dengan bodi Legacy SR3 terbaru. Mungkin saja varian Panorama atau single glass akan diterapkan pada bus PO SAN ini.

Sedangkan di Adiputro, sasis OH 1526 cocok untuk bodi Jetbus HDD atau MHD. Varian single glass juga bisa saja dipilih PO SAN, mengingat dari beberapa bus baru PO SAN, sudah tidak memakai double glass.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.