Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Sasis Bus Unik Milik PO Rimba Raya, Scania K310iB Tronton

Kompas.com - 29/10/2022, 15:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PO Rimba Raya baru saja mengambil satu unit bus dari Karoseri Laksana di Ungaran, Semarang, Jawa Tengah.

Bodi bus yang dipilih adalah Legacy SR3 XHD Prime Ultimate, tapi yang unik adalah pemilihan sasisnya.

Kalau diperhatikan, bus tersebut memakai sasis tronton dari Scania. Biasanya, sasis Scania tronton yang biasa digunakan untuk bus pariwisata atau AKAP adalah K410iB, namun berbeda dengan apa yang dipilih PO Rimba Raya.

Untuk bus pariwisata premium, PO Rimba Raya memilih sasis K310iB 6x2 yang sebenarnya umum digunakan pada bus rapid transit (BRT) atau bus-bus perkotaan.

Baca juga: Rute Baru Bus Tingkat Rosalia Indah, Bogor-Klaten Mulai Rp 200.000-an

Bus baru PO Rimba RayaDOK. LAKSANABUS Bus baru PO Rimba Raya

Untuk spesifikasi dari K310iB, menggunakan mesin diesel lima silinder segaris 9.300 cc, lebih kecil dibanding milik K410iB yang 13.000 cc.

Soal tenaga pun berbeda cukup jauh, K310iB punya 310 TK, sedangkan K410iB tenaganya 410 TK.

Perbedaan lain ada pada transmisi yang digunakan. Untuk K310iB, full otomatis enam percepatan, sedangkan K410iB, memakai model opticruise atau semi-otomatis.

Baca juga: Begini Cara Mengecas Baterai Mobil Listrik Wuling Air ev yang Benar


Selain itu, kedua bus bisa dibilang sama dari segi kaki-kaki, memiliki penggerak 6x2 dan sudah memakai air suspension tipe wide. Kemudian, GVW keduanya pun sama, ada di angka 24 ton.

Mungkin saja pemilihan sasis K310iB ini karena sudah cukup untuk digunakan sebagai bus pariwisata. Selain itu, sasis bisa dipasang ke bodi yang tinggi dan panjang, sehingga lebih banyak penumpang yang bisa diangkut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com