Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat, Ada Ganjil Genap dan One Way di Jalur Puncak Bogor

Kompas.com - 29/10/2022, 14:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama akhir pekan berlangsung, pihak kepolisian menerapkan kebijakan skema rekayasa lalu lintas berupa ganjil genap.

KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ketut Lasswarjana menjelaskan, skema ganjil genap tersebut mengacu kepada PP Nomor 84 Tahun 2021. Ganjil genap diterapkan mulai hari Jumat (28/10/2022) pukul 15.00 WIB sampai dengan hari Minggu (30/10/2022) pukul 24.00 WIB.

Baca juga: Ingat, Ganjil Genap di Jalur Puncak Berlaku Mulai Siang Ini

Sejumlah titik yang banyak dipadati, di antaranya adalah Simpang Gadog dan Gunung Geulis.

Selain itu, pihak kepolisian juga akan memberlakukan skema rekayasa lalu lintas one way dengan melihat kondisi lalu lintas terlebih dahulu, atau dilakukan secara situasional.

"Kemudian selain ganjil genap, kita juga melihat situasi arus. Kalau memang arusnya ada kepadatan baik yang naik maupun yang turun, nanti kita berlakukan one way," ucap dia seperti dikutip dari Korlantas Polri, Sabtu (29/10/2022).

Perlu diingat, ganjil genap berlaku untuk seluruh kendaraan bermotor kecuali yang termasuk ke dalam pengecualian seperti mobil kepolisian, mobil petugas kesehatan, hingga mobil listrik yang pelatnya dilengkapi dengan lis berwarna biru.

Baca juga: Uji Konsumsi BBM 5 LMPV Terlaris Jalur Perkotaan, Siapa Paling Irit?

Ganjil genap ini berlaku bagi seluruh kendaraan, termasuk sepeda motor. Kendaraan yang nomor polisinya tidak sesuai akan diarahkan untuk putar balik.

Selama akhir pekan ini, ia mengimbau masyarakat untuk memperhatikan pelat kendaraan agar sesuai dengan tanggal, serta memastikan kondisi kendaraan prima untuk melintas di Jalur Puncak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.