Alasan Innova Diesel Bekas Banyak Dicari meski Harga Relatif Tinggi

Kompas.com - 28/10/2022, 10:31 WIB

SEMARANG,KOMPAS.com - Toyota Innova diesel  menjadi salah satu mobil tipe multi purpose vehicle (MPV) yang cukup laris di Indonesia.

Mobil bermesin 2.500 cc dengan teknologi common rail turbo diesel ini dikenal tak hanya nyaman dan punya tenaga besar, tapi juga efisien dalam hal bahan bakar. 

Karena itu, Innova diesel di Indonesia jadi MPV idaman keluarga. Sampai di segmen pasar penjualan mobil bekas pun tetap jadi buruan. 

Tingginya permintaan pasar berdampak harga bekas mobil ini jadi terdongkrak naik. Lantas apakah membeli Innova diesel memang menguntungkan? 

Baca juga: Masa Inreyen Mobil Baru, Amankah Langsung Digeber?

Yudi Purwidyantoro, Area Sales Manager Carsentro Semarang, mengatakan, banyak konsumen menilai membeli Innova diesel menguntungkan karena pertimbangan akomodasi dan efisiensi bahan bakar. 

"Konsumen berani berinvestasi, Innova diesel bekas harganya relatif mahal, tapi yang dipertimbangkan efisiensi bahan bakar dan kenyamanan. Asumsi konsumen biaya operasional murah tapi butuh dana ekstra untuk pengadaan unit," kata Yudi kepada Kompas.com, Kamis (27/10/2022). 

Melihat dari tren penjulannya, untuk Innova mesin diesel menurut Yudi, dominasi harga mulai Rp 280 jutaan hingga Rp 320 jutaan. 

Bursa mobil bekas Carsentro Semarang Dicky Aditya Wijaya Bursa mobil bekas Carsentro Semarang

Dengan kisaran harga tersebut, konsumen disajikan pilihan Innova diesel keluaran 2015 - 2017. Tinggal memilih unit model gril besar (dono) atau Reborn sesuai kebutuhan. 

"Persaingan lingkup terbatas, Reborn sama kakak kandungnya saling berhadapan. Tapi, cenderung penjualan tipe gril besar lebih gampang, pertimbangannya perawatan yang diklaim sedikit murah," katanya. 

Sementara itu, Alfiyan, pemilik Showroom Anugrah Mobil di Area Carsentro Semarang, mengatakan, banyak konsumen yang mempertimbangkan biaya perawatan dan operasional Innova Diesel jatuhnya lebih murah untuk jangka panjang. 

Baca juga: Adab Berkendara Mobil yang Benar Saat Melewati Terowongan

Mobil bekas di WTC Mangga DuaKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Mobil bekas di WTC Mangga Dua

"Untuk operasional harian banyak yang beranggapan bahwa unit diesel lebih menguntungkan. Makanya, perbedaan penjualan bulanan sama-sama Innova beda mesin selisihnya lumayan, rata-rata 1-2 unit," ucapnya. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.