Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi Subaru Indonesia di Tahun Depan, Perbanyak Diler Baru

Kompas.com - 27/10/2022, 18:08 WIB
|

BANDUNG, KOMPAS.com - Subaru Indonesia memastikan bahwa aktivitas bisnis di dalam negeri yang dimulai kembali pada awal tahun 2022 akan terus berkembang, baik pada sisi produk maupun diler.

Hal tersebut sebagai upaya perseroan memperluas dan mempertahankan pasar. Namun menariknya, pada jaringan bisnis pihak Subaru Indonesia di tahun depan hanya membuka antara 2-3 diler saja.

Dijelaskan Chief Operating Officer (COO) Subaru Indonesia Arie Christopher, itu karena pendekatan pada segmen terkait sangat berbeda dibanding mobil kebanyakan.

Baca juga: Punya Banyak Kesamaan, Ini Perbedaan Subaru Forester dan XV

Booth Subaru Indonesia pada GIIAS 2022Dok. Subaru Booth Subaru Indonesia pada GIIAS 2022
"Filosofi kita untuk menambah diler itu cukup berbeda. Bagi Subaru, suatu kesuksessan bukan harus memiliki banyak diler, konsepnya tidak seperti itu di Subaru," kata dia di sela-sela acara Subaru ForestXVenture di Bandung, Jawa Barat, Rabu (26/10/2022).

"Tetapi jaringan diler sebagai penunjang para pemilik. Untuk membuka diler baru, Subaru akan melihat area-area potensial, kita lihat dulu di situ captive market-nya, potential market-nya seberapa besar. Jadi tidak semua wilayah ada," lanjut Arie.

Lebih jauh, pasar potensial yang dimaksud Arie ialah suatu wilayah yang memiliki populasi mobil Subaru cukup banyak seperti di Jakarta, Surabaya, maupun Batam.

"Jadi bisa dikatakan, network kita akan bertambah sesuai perkembangan pasar di suatu wilayah," kata dia lagi.

Baca juga: Tips Memilih Paint Protection Film yang Bagus, Cek Bengkelnya

Subaru BRZDoc Subaru Subaru BRZ
 

Adapun pada 2025, Subaru Indonesia menargetkan memiliki 10 unit jaringan diler yang seluruhnya berada di bawah payung PT Plaza Auto Mega (Plaza Subaru) sebagai agen pemegang merek atau APM.

Semua diler berstandar 3S atau melayani Sales, Service, dan Sparepart agar seluruh aktivitas bisa dilakukan dalam waktu yang singat dan satu pintu.

"Jadi untuk tahun depan kita akan buka 2-3 diler yang salah satunya ada di Jakarta," ucap Arie.

Sementara mengenai produk, Subaru Indonesia masih enggan menyatakan secara rinci rencana tahun depan. Tetapi yang pasti akan ada suatu hal menarik untuk para pecintanya di Tanah Air.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.